PALEMBANG,HS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan menetapkan H Herman Deru – H Mawardi Yahya sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumsel Terpilih periode 2018-2023.

Rapat Pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur Sumsel, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sumsel, Aspahani, Sekretaris KPU Sumsel, MS sumarwan dan anggota komisioner KPU Sumsel lainnya dikantornya KPU Sumsel Minggu (12/8/2018).

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, setelah penetapan nanti pihaknya akan menyampaikan keputusan tersebut kepada DPRD Sumsel, untuk selanjutnya ditindaklanjuti ke Menteri Dalam Negeri sehingga bisa dilaksanakan proses pelantikan.

“Tugas kita sudah selesai, tinggal proses pelantikan ranahnya Mendagri dan Presiden. Bisa di September atau Desember. Kalau masa jabatan pak gubernur sekarang habis 7 November,” katanya

Sementara itu Gubernur terpilih H Herman Deru menambahkan, alhamdulilah proses ini selesai, ia berharap proses selanjutnya lancar.

“Alhamdulillah proses sudah selesai diranah KPU, diranah penyelenggara, tinggal lagi  diranah pelantikan yaitu di DPRD, Mendagri dan Presiden. Saya berharap proses selanjutnya lancar juga tanpa hambatan sesuai jadwal,” katanya

Ia kuga mengatakan, saat ini dirinya tengah menunggu jadwal pelantikan apakah akan berlangsung pada gelombang pertama yaitu 17 September atau gelombang kedua 17 Desember.

“Mau gelombang pertama atau kedua akan kita terima dengan baik. Itu bukan masalah bagi kita yang penting hari ini masyarakat Sumsel telah dengan jelas menunjukkan kedewasaannya dalam proses demokrasi ini,” pungkasnya

Ia menambahkan, menjelang pemilu 2019, dirinya sebagai Gubernur terpilih berharap agar masyarakat Sumsel khusunya para elite untuk tetap menjaga kedewasaan yang menjadi ke khasan budaya Sumsel.

Lebih jauh, saat ini dirinya akan berkoordinasi dengan pemerintahan saat ini agar program kerjanya sebagai Gubernur terpilih dapat sinkron ketika menjabat.

“Kami akan koordinasi dengan pemerintahan saat ini istilahnya masa transisi ini. Akan sinkronisasi program karena pada anggaran berikut saya dan pak Mawardi yang akan lakukan itu. 3 bulan atau 5 tahun Herman Deru-Mawardi Yahya akan gas pol (bekerja keras),” tutupnya