Palembang,Haluansumatera.com-Praja Muda Karana (Pramuka) adalah garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda. Karena itu Pramuka harus terus digalakkan di sekolah-sekolah.

Pramuka itu terdiri dari anak didik dan pembina. Kedua-duanya harus diisi oleh insan-insan yang suka dan rela. Karena Pramuka tidak ada mutan politis, Kata Sekretaris Kwarda Pramuka Sumsel Amriadi, saat melakukan kegiatan Supervisi Pramuka di SMK Negeri 5 Palembang, Jumat (3/5/2019).

Selain suka dan rela, lanjut Amri, para anak didik dan pembina Pramuka harus suci dalam pikiran perkataan, dan perbuatan. Sesuai ketentuan undang-undang, Pendidikan Pramuka ini harus dilakukan di sekolah-sekolah. Karena itulah sekolah menjadi gugus depan (depan). 

Sebagai pangkalan gudep, sekolah-sekolah harus lebih aktif lagi  dalam membina Pramuka, baik kwalitas maupun kwantitas. Sebab ini penting terutama untuk menghindarkan para siswa dari pergaulan bebas,katanya.

Kepala Bidang SMK Disdik Provinsi Sumsel Erlina menambahkan, peran pramuka sangat dalam mendidik, mengasah, mengasuh dan membina kepada karakter anak-anak generasi muda.

“Sebenarnya nama Pramuka Sumsel sudah cukup baik namun ada kekhawatiran akan menurun bila tidak Kita kembangkan lagi, saya harap ke depan ini supaya Pramuka di Sumsel ini agar kualitas keaktifannya ditingkatkan lagi, biar tak kalah dari provinsi lain di Indonesia,” ungkapnya.

Saat ini baru 20 % sekolah yang aktif dalam ekskul Pramuka, maka dari itu saya harap seluruh sekolah baik jenjang SMA dan SMK menjadikan Pramuka ini sebagai ekskul wajib,tegasnya.

Menurutnya, tantangan akan semakin semakin besar sehingga Pramuka juga harus melakukan perubahan dan terobosan ke arah yang lebih baik. Sehingga dapat mendorong dalam upaya memperbaiki peserta didik . Saya meminta agar seluruh Kepala Sekolah wajib menjadi mengurus pramuka di sekolah yang ia pimpin,tegasnya.

Selain itu Erlina sangat mengapresiasi kegiatan pramuka yang ada di SMK Negeri 5 Palembang, oleh karena itu dia berharap, ekskul yang sudah baik ini untuk lebih ditingkatkan lagi.

Sementara itu, kepala SMKN 5 Drs. H. Zulfikri, M.Pd.menuturkan selaku pimpinan sekolah, ia akan selalu siap untuk mendukung program-program kegiatan Pramuka yang telah diagendakan oleh para pembina Pramuka di SMK Negeri 5 Palembang.

Kegiatan pramuka, saat ini bukan saja dijadikan sebagai ajang latihan bagi pelajar untuk mandiri, inovatif, belajar kekompakan, dan handal dalam menghadapi segala persoalan, Namun, sudah masuk dalam kurikulum wajib di sekolah. Oleh karena itu, segala kegiatan pramuka di sekolah ini harus tetap ditingkatkan agar menjadi lebih maju dan berkembang, ujarnya.

Dikatakannya, Kegiatan Pramuka tentunya juga tidak hanya menekankan tentang pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga menekankan pentingnya pembentukan watak dan kepribadian seorang siswa.

Intinya, pihak sekolah akan terus berupaya menjadikan Pramuka SMK Negeri 5 Palembang bisa selalu eksis dan maju, dengan menyiapkan pembina dan pelatih-pelatih yang handal, serta melengkapi sarana dan prasarana kepramukaan, pungkasnya, (hsn)