PALEMBANG,HS – Setiap kali turun hujan deras dikota Palembang, kawasan Sungai Buah di Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan Kalidoni menjadi langganan banjir. Belum ada solusi efektif yang dapat diberikan Pemerintah maupun pihak swasta seperti PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) dalam menangani masalah banjir di kawasan tersebut.
Untuk itu, melalui kegiatan gotong royong yang dilaksanakan hari ini, Minggu (17/3/19), Walikota Palembang Harnojoyo, rencana pembuatan rumah pompa oleh PT Pusri, diharapkan dapat segera direalisasikan.
“Pembangunan rumah pompa di muara sungai Buah adalah salah satu solusi. Karena muaranya ada di area Pusri, kita berharap mereka dapat membantu dengan membuat rumah pompa bendung,” ungkapnya
Ia menerangkan, berdasarkan keterangan dari Manajer Humas PT Pusri, Hernawan yang hadir pada kegiatan gotong royong di Jl. Sersan  Zaini Lr. Bhayangkara  2 RT 28 RW 11 Kel. 2 Ilir Kec. Ilir Timur II Palembang hari ini, Pusri saat ini sedang menyiapkan DED (Detailed Enginering Desain).
“Sekarang sedang disiapkan DED nya, nanti jika selesai maka akan terlihat berapa kebutuhannya,” terangnya.
Lanjutnya, Pompa muara sungai Buah ini, jelas Harnojoyo memiliki besaran 1/3 dari pompa sungai Bendung. Artinya daya sedot pompa 12.000 liter per detik dengan kebutuhan lahan sekitar 1000 h (hektar).
“Mudah-mudahan Pusri bisa cepat membuat pompanisasi, sehingga akan sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat yang berada di aliran sungai Buah,” tuturnya