Tuan rumah Leganes harus mengakui ketajaman Barcelona dengan skor telak 1-5.

Tuan rumah Leganes harus mengakui ketajaman dan kualitas Barcelona dengan skor telak 1-5.

MADRID, HS – Barcelona sukses mengalahkan Leganes dengan skor telak 1-5 dalam lanjutan Liga Spanyol yang digelar di Estadio Municipal de Butarque, Madrid, Sabtu (17/9).

Di awal babak pertama bermain di kandang lawan membuat Barcelona main dengan hati hati. Sementara Leganes berusaha untuk langsung memberikan tekanan kejutan pada Barcelona di awal babak pertama ini.

Menit ke 7 peluang pertama diciptakan oleh Leganes. Hampir saja kelengahan Rakitic yang bola penguasaannya diserobot Gabriel, namun beruntung barisan pertahanan Barceloan sigap menutup ruang gerak punggawa tuan rumah.

Empat menit berselang Barcelona membalasnya lewat peluang dari Suarez. Menerima bola diagonal dari Rafinha dan pada posisi bebas di dalamkotak penalti Leganes! Akan tetapi Suarez dianggap off-side.

Terus mencoba menekan ke gawang Leganes akhirnya Barcelona mendapatkan golnya di menit ke-15 lewat kaki Lionel Messi.

Messi yang tak terkawal  dengan mudah menyambar umpan silang hasil penetrasi Suarez dari sisi kanan.

Gol dan Barcelona unggul 0-1.

Menit ke 19 hampir saja Barcelona menggandakan kedudukan. Menerima umpan crossing dari Suarez, tembakan volly dari Neymar masih melebar diatas mistar gawang Leganes.

Terus menyerang Barcelona mendapatkan gol keduanya di menit ke-31 lewat kaki Luis Suarez. Berawal dari Messi yang melewati dua hingga tiga pemain lawan memberikan umpan tarik kepada Suarez yang berdiri bebas dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong.

Skor 0-2 untuk keunggulan Barcelona.

Di ujung babak pertama, Barcelona kembali mencetak gol. Suarez yang lolos dari jebakan off-side saat menerima umpan Messi langsung melakukan penetrasi dan memilih untuk mengumpan ke samping ketimbang menembak langsung dan bola kemudian dituntaskan oleh Neymar.

Skor 0-3 menutup paruh pertama ini.

Di babak kedua tuan rumah Leganes yang tertinggal langsung mencoba menyerang. Menit ke-48 tendangan keras Kone masih bisa diamankan oleh Ter Stegen.

Menit ke-54 Barcelona dihadiahi sepakan penalti setelah Neymar dilanggar oleh Bustinza di dalam kotak terlarang.

Messi yang menjadi eksekutor penalti sukses melakukan tugas degan baik. Papan skor kembali berubah menjadi 0-4.

Setelah gol keempat terjadi Barcelona makin dengan mudah menembus barisan pertahanan Leganes. Hasilnya di menit ke-64 gol kelima terlahir lewat kaki Rafinha.

Tanpa kawalan berarti gelandang asal Brasil itu melepaskan tembakan kaki kiri keras yang bersarang ke pojok kanan atas gawang Leganes. Skor 0-5 untuk keunggulan Barcelona.

Di sisa pertandingan Barcelona sedikit menurunkan tempo serangannya. Hasilnya Leganes sukses mencetak gol di menit ke-81 lewat kaki Gabriel Pires.

Mantan gelandang muda Juventus tersebut mencetak gol bagi Leganes melalui eksekusi tendangan bebas kaki kiri yang deras tak mampu diantisipasi Ter Stegen.

Skor 1-5 bertahan hingga pertandingan berakhir. (AND)