Osvaldo Lessa

PALEMBANG, HS – Presiden klub Sriwijaya FC, Dodi Reza Alex Noerdin melalui akun sosial media mengumumkan bahwa menghadapi kompetisi Liga 1 yang akan digelar pertengahan April 2017, jajaran manajemen SFC memutuskan merekrut Osvaldo Lessa Filho sebagai pelatih kepala menggantikan Widodo Cahyono Putra. Osvaldo Lessa dikontrak menangani SFC untuk satu musim ke depan.

Menurut Dodi Reza, Osvaldo dipilih karena memiliki rekam jejak yang baik dan cukup mengenal atmosfer sepakbola Indonesia. Terlebih, sejumlah pemain SFC pernah menjadi anak asuh Osvaldo Lessa yang pernah melatih di Persipura Jayapura. Tercatat pemain SFC yang pernah dilatih Osvaldo Lessa, yakni Alberto ‘Beto’ Goncalves, Bio Paulin Pierre, Ahmad Maulana, dan Gilang Ginarsa.

“Ada beberapa hal yang mendasari keputusan ini, yang pertama adalah rekam jejak Osvaldo Lessa yang cukup baik dan sudah mengenal atmosfer Liga Indonesia sehingga proses adaptasi diperkirakan tak akan berlangsung lama. Osvaldo Lessa juga sudah mengenal dan pernah bekerjasama dengan beberapa pemain SFC saat ini dan berkomitmen tidak akan merombak tim yang sudah ada saat ini,” tulis Dodi Reza, Minggu (26/3).

“Namun yang terpenting, sosok pelatih baru ini mampu bersepakat dengan manajemen SFC mengenai target yang akan diusung untuk kompetisi nantinya. Sejauh ini kami tidak merubah target juara dan akan bekerja keras bersama-sama untuk mewujudkannya,” ujar Dodi.

Sebetulnya pada akhir Desember lalu, Osvaldo Lessa dikabarkan akan melatih Persiba Balikpapan menggantikan Jaino Matos. Namun kemudian, tim Beruang Madu akhirnya lebih memilih Timo Scheunemann.

Dalam waktu dekat, Osvaldo Lessa segera bergabung manajemen SFC. Pasalnya, Selasa (28/3) SFC akan menghadapi pertandingan ujicoba melawan tim dari Liga 2 Indonesia, Cilegon United di Banten.(MIM)