SAMARINDA, HS – Bermain di kandang sendiri, Pusamania Borneo FC harus bekerja keras menghindari kekalahan atas tamunya Sriwijaya FC  dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (27/8). Lerby Leandry yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menyamakan kedudukan pada injury time sehinggu kedudukan akhir menjadi 2-2.

Babak pertama, Laskar Wong Kito langsung menguasai pertandingan dan melancarkan serangan ke gawang PBFC, namun pada menit ke-15 SFC melakukan pelanggaran sehingga menghasilkan tendangan bebas, peluang ini langsung dimanfaatkan oleh PBFC. Tendangan Jefry Kurniawan berhasil mengoyak sisi kiri jala gawang SFC yang dikawal oleh Teja Paku Alam.

Peluang SFC baru tercipta pada menit ke-22, dimana umpan Hilton Moreira ke Beto belum mampu menghasilkan gol. Tendangan pemain Brazil ini masih jauh melambung diatas gawang Dian Agus Prasetyo.

Dengan posisi tertinggal, anak asuh Widodo C Putro terus menggempur pertahanan PBFC. Pada menit ke-27 umpan lambung dari Mauricio Leal belum mampu dimanfaatkan Airlangga Sucipto, dimana sundulannya masih melemah sehingga bola bisa diamankan oleh Dian Agus.

Jefri Kurniawan memiliki kesempatan mencetak brace saat laga berjalan setengah jam. Dia mendapat ruang tembak di kotak penalti dan hanya berhadapan dengan kiper Sriwijaya. Tetapi dia kurang tenang dalam mengonversi bola, tendangannya melambung di atas mistar.

Drama terjadi di menit 40. Firly Apriansyah mengganjal Beto dengan keras. Merasa tak terima, Beto langsung bangkit dan menyambar punggung Firly dengan tangannya. Namun, reaksi Firly berlebihan, dia menjatuhkan diri dengan menutup wajahnya.

Memasuki injury time, tensi laga memanas. PBFC harus bermain dengan 10 pemain usai Jad Noureddine diusir wasit akibat mengganjar keras Hilton Moreira. Hingga wakit meniup peluit panjang. PBFC unggul 1-0.

Di babak kedua, Sriwijaya yang cuma menghadapi 10 orang pemain langsung menambah daya seranganya. Hasilnya di menit ke-49 Airlangga Sucipto berhasil memanfaatkan umpan dari Hilton Moreira sehingga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

SFC kembali berhasil mencetak gol di menit ke 67 melalui permainan apik yang diperagakan duo pemain Brazil. Beto memberikan umpan tarik ke Hilton dan diteruskan ke Anis Nabar sehingga terjadi gol. Skor 1-2 untuk keunggulan SFC.

Ketika pertandingan terlihat akan dimenangkan oleh SFC dengan skor 1-2, Lerby Leandry yang masuk sebagai pemain pengganti mampu merubah semua keadaan dengan berhasil mencetak gol di masa injury time lewat
tendangan bebasnya. Skor akhir pertandingan 2-2.

Dengan hasil imbang yang diraih Pusamania Borneo FC dan Sriwijaya FC, keduanya mampu naik satu peringkat, dimana SFC naik ke posisi empat dengan torehan 28 poin, dan PBFC naik ke peringkat tujuh klasemen
sementara TSC dengan torehan 23 poin.