Muara Enim,HS-Demi menjaring tim terbaik (the dream team) yang akan mewakili. Tuan rumah kini Sebanyak 182 pelajar yang tergabung dari 13 tim sekolah sepakbola (SSB) mengikuti liga pelajar U-12 Piala Menpora wilayah Zona Liot (Muara Enim, Pali dan Prabumulih) di Lapangan Stadion Bara Sekundang, kota Muara Enim, Kamis (27/7).

Seleksi yang digelar selama 3 hari (26-28 Juli) bertujuan menjaring keseblasan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi dalam ajang Final Piala Menpora U-12 di kota Magelang, Jawa Tengah.

Seleksi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Seketaris Daerah (Sekda) H Hasanudin dan dihadiri pengurus Forum Sekolah Sepakbola (Fossbi) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Muara Enim.

“Diharapkan lewat seleksi ini akan muncul bibit pesepakbola yang dibanggakan level Sumsel untuk mewakili Zona Liot tampil di Final Piala Menpora U-12 2017 di Magelang,” kata Hasanudin yang juga merupakan Ketua KONI Muara Enim.

Menurut Hasanudin, dalam upaya mengembangkan olahraga sepakbola diperlukan pembinaan usia dini. Anak-anak yang memasuki masa belia mempunyai kesempatan diasah bakatnya untuk didorong menjadi atlet sepakbola profesional dan membanggakan.

“Lewat kompetisi yang ketat dan kompetitif kita ingin melahirkan Ronaldo dan Messi baru atau atlet sepakbola nasional berprestasi sekelas Kurniawan Dwi Yulianto,” paparnya.

Sementara ketua panitia penyelenggara, Feri Hermawan menerangkan Liga Pelajar U-12 Piala Menpora Zona Liot diikuti sebanyak 13 tim terdiri 9 tim berasal dari Muara Enim dan 4 tim dari Pali dengan total 182 pelajar dari sekolah dasar (SD) dan SMP serta 36 pelatih dan official “Hanya wilayah Prabumulih yang absen mengirimkan tim terbaiknya,”ujarnya

Feri mengatakan tim terbaik yang lolos seleksi selanjutnya akan diikuti sertakan dalam seleksi tingkat provinsi. “Selanjutnya tim provinsi akan menyeleksi pemain untuk ajang Final Piala Pelajar U-12 di kota Magelang pada 4-5 Desember 2017,” paparnya.

Ketua Fossbi Muara Enim, Iswanto menambahkan seleksi Piala Pelajar U-12 wilayah Zona Liot tergabung dalam 5 zona seleksi diwilayah Sumsel yakni OKUT (OKUT dan Baturaja), zona OKUS (OKUS dan Baturaja), zona Lubuklinggau (Lubuklinggau, Muba, Mura, Muratara), zona Lahat (Lahat, Pagaralam, Empat Lawang) dan zona Liot (Pali, Prabumulih dan Muara Enim).(Edward)