SEKAYU,HS – Curah hujan yang tinggi belakangan ini di Kabupaten Musi Banyuasin membuat air sungai Musi pasang (Ayo Ndalam).

Kondisi ini rupanya disambut bahagia oleh sejumlah warga Sekayu, pasalnya ikan-ikan mulai banyak dan membuat warga beraksi untuk menjala atau menangkul ikan.

Pantauan di eks Pasar Talang Jawe Sekayu, Minggu (16/2) siang tampak berduyun-duyun warga sekitar maupun datangan menangkul atau menjala ikan Sepat Mata Merah.

Suasana inipun membuat Sekretaris Daerah Muba mampir dikerumunan warga yang sedang menangkul ikan dan membeli hasil tangkapan ikan tersebut.

“Tidak serta merta juga ayo nalam ini musibah, tapi warga Sekayu juga memanfaatkannya untuk menangkul ikan baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual lagi,” ungkap Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi.

Dikatakan Apriyadi, nangkul dan bekarang juga merupakan kegiatan positif mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan. “Ya, ini juga mengajak warga untuk rutin dan gemar mengkonsumsi ikan, yang penting kita jaga terus kebersihan sungai agar biota yang ada tetap terjaga,” pungkasnya.