Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak Stefano Lilipaly yang memastikan lolosnya Indonesia ke babak semifinal AFF 2016.

Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak Stefano Lilipaly yang memastikan lolosnya Indonesia ke babak semifinal AFF 2016.

MANILA, HS – Indonesia menang secara dramatis setelah menaklukkan Singapura dengan skor tipis 2-1 pada lanjutanAFF Cup 1016 di Memorial Stadium, Filipina, Jum’at, (25/11). Dengan hasil kemenangan ini membuat Indonesia melaju ke babak semifinal dan akan berhadapan dengan Vietnam yang keluar sebagai juara grup B.

Pada pertemuan babak semifinal yang akan digelar pada 3 Desember 2016, timnas Indonesia akan lebih dulu menjadi tuan rumah. Indonesia belum menentukan stadion mana yang akan digunakan, apakah akan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung, Stadion Pakansari di Bogor, atau Stadion Manahan di Solo.

Sementara, pertemuan kedua yang akan dilaksanakan pada 7 Desember 2016 nanti, giliran Vietnam yang bertindak sebagai tuan rumah.

Pertemuan ini akan berlangsung menarik, pasalnya sebelum AFF 2016 digelar, kedua tim pernah dua kali menjalani laga persahabatan. Pada laga pertama di Indonesia, kedua tim bermain imbang 2-2. Sedangkan saat laga persahabatan digelar di Vietnam, timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor tipis 3-2.

Menang Dramatis

Pada pertandingan menghadapi Singapura, di awal babak pertama, kedua tim langsung tancap gas untuk mencari gol cepat di awal pertandingan. Timnas Indonesia sempat beberapa kali mencipatkan peluang emas lewat Boaz Salosa. Sayang usaha Boaz belum berbuah hasil positif. Begitu pula percobaan Andik Vermansyah dari luar kotak pinalti yang masih tipis saja melambung di atas miastar Singapura.

Singapura bukan tanpa perlawanan, keunggulan postur tubuh yang dimliki para punggawa Singapura cukup membuat lini belakang Indonesia kewalahan mengantisipasi umpan-umpan silang. Benar saja, di menit ke 27 sebuah umpan tarik dari sisi sayap berhasil dimanfaatkan Choirul Amri untuk menjebol gawang Kurnia Mega. Skor 1-0 , Singapura unggul.

Di sisa pertandingan babak pertama tak ada gol lagi yang tercipta. Indonesia masih kesulitan untuk membongkar barisan pertahanan Singapura yang sangat kuat. Hingga paruh pertama berakhir Singapura unggul dengan skor 1-0.

Di awal babak kedua Indonesia yang tertinggal satu gol langsung melancarkan serangannya. Namun hampir saja di menit ke 47 Singapura menambah golnya. Menerima umpan terobosan Khairul Amri dengan sekali kontrol dada langsung melesahkan sepakan keras. Beruntung Kurnia Meiga masih sigap dalam memblok bola.

Terus melakukan serangan hasilnya Indonesia sukses mencetak gol di menit ke 63 lewat kaki Andik Vermansyah. Menerima umpan crossing dari Rizky Porra sepakan voli Andik Vermansyah berhasil merobek jala gawang Singapura. Skor kembali imbang menjadi 1-1.

Perjuangan Indonesia akhirnya tak sia sia. Di menit ke 85 Indonesia kembali mencetak gol lewat kaki Stefano Lilipaly. Menerima umpan Boaz sepakan voli dari Lilipaly kembali merobek jala gawang Singapura. Indonesia unggul 2-1.

Di sisa pertandingan Singapura yang kembali mengejar gol tak bisa berbuat banyak. Hingga pertandingan berakhir Indonesia sukses membungkus kemenangan dengan skor 2-1. (AND/MIM)