gambaradc58288063

MUBA, HALUAN SUMATERA – Memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar perlombaan tradisional Perahu Bidar.

Ketua pelaksana perlombaan bidar, Mursalin SE MM mengatakan, tahun ini ada 13 tim yang akan ikut lomba bidar, diantaranya Perahu Rantau Panjang Jaya, Perahu Manunggal Jaya, Perahu Kilat Kemarau dan perahu Burung Putih,” ujarnya, Kamis (18/8/2016).

Pemenang dalam perlombaan bidar tahun akan menerima tropi dan uang pembinaan. Untuk juara pertama akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 10 juta, juara kedua akan menerima tropi dan uang pembinaan Rp 7,5 juta, juara ketiga tropi dan uang pembinaan Rp5 juta dan juara keempat mendapat tropi dan uang pembinaan Rp 3 juta.

Plt Sekda Muba, H Rusli SP MM, memberi apresiasi kepada pihak panitia pelaksana lomba bidar tahun 2016 ini dan menyambut gembira dengan diadakannya kegiatan ini.

“Lomba Bidar selain menjadi hiburan rakyat dalam mengisi HUT RI ke 71  juga sebagai media pemersatu masyarakat Muba, semoga dengan kegiatan ini dapat tercipta jalinan silaturahmi, menumbuhkan rasa cinta tanah air,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau agar selama pelaksanaan lomba, masyarakat bisa menyaksikan dengan tertib. Mengingat ini adalah budaya yang memang harus kita jaga.”Maka itu mari kita isi kemerdekaan ini dengan tetap melestarikan budaya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan lomba bidar itu, diantaranya Dandim 0401 Letkol Inf Ignatius Wiwoho, Asisten II Ir H Sulaiman Zakaria MT, pimpinan SKPD serta tamu undangan lainnya. (Eddy)