kt5dikgPALEMBANG,HS – Salah satu Program unggulan di asrama Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ihsan MAN 3 yakni Program tahfiz Al-Quran. Kegiatan setor jagalah Al-quran ini menjadi rutinitas siswa kelas X khususnya ketika berada di Asrama.

Kepala asrama putra, Drs. Kgs. Abdul Wahab, M.Pd.I mengatakan, Tidak hanya setor jagalah Al-Quran, kegiatan Tahfiz Quran ini juga diselingi dengan kegiatan lomba antar santri. kegiatan lomba tahfiz Quran antar santri Ponpes Al-Ihsan dilaksanakan di Aula MAN 3, Dalam kegiatan ini, pihaknya menghadirkan guru-guru AL-Quran MAN 3 seperti Marwansyah, M.Pd.I dan Subroto Al Faris, M.Ag.

“Kegiatan lomba tahfiz putra dan putri ini bertujuan untuk memacu siswa agar selalu bersemangat untuk menghafal Alquran. Apalagi siswa kelas X ini hanya memiliki kesempatan satu tahun berada di asrama MAN 3,”ujarnya

Dia berharap dengan adanya lomba ini, menjadi uji coba sejauh mana kuatnya hafalan anak-anak. Selain itu, dari pengalaman lomba ini juga anak-anak dapat meningkatkan hafalannya dan makin mencintai AL-Quran.

Sementara itu berdasarkan hasil pantauan, Beberapa siswa mengaku gugup saat guru-guru mereka tersebut menguji hafalannya. Salah satunya Organse. Ia mengaku lomba ini menjadi uji nyali atau mental dan menguji hafalan yang ia punya.

“Kegiatan ini menjadi ajang Muroja’ah hafalan juz 30. Ketika di Test oleh para ustadz di depan, luar biasa saya sangat gugup, apalagi dilihat oleh seluruh teman saya. Meski demikian dia tetap berusaha untuk tampil semaksimal mungkin,” tukasnya. (Hsn)