lrd-ii-panitia-k9-team-bersama-walikota-pagaralamPALEMBANG,HS – Setelah sukses dua kali menggelar acara Lintas Rute Dempo (LRD), tahun ini Komunitas 9 (K9) Team Indonesia kembali melaksanakannya. Acara sendiri digelar guna mempererat tali silaturahmi dengan ditetapkan pada tanggal 4-6 November 2016. Acara juga memiliki target menggaet peserta dari luar Provinsi Sumsel sebanyak banyaknya dan tetap dengan ketentuan jumlah peserta sebanyak tiga orang per tim nya tanpa dipungut biaya pendaftaran atau gratis.

“ Pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak sepekan lalu dan akhir pendaftaran pada tanggal 03 November 2016. Target kita tahun ini diatas 50 tim, terlebih lagi peserta dari luar Sumsel, sebab acara ini juga kami dedikasikan sebagai bentuk turut mensukseskan perhelatan Asian Games yang akan berlangsung di Palembang tahun 2018 mendatang “ ucap Ketua Pelaksana acara, Iwan melalui Ketua Umum K9 Team Alenso yang juga didampingi oleh koordinator lapangan Ardhy Fitriansyah.(29/10).

Ditanya soal persyaratan apa saja yang harus dipenuhi para calon peserta, diungkapkan Alenso, tidak ada persyaratan khusus, hanya saja calon peserta diwajibkan menyerahkan data diri disertai foto 4×6 sebanyak satu lembar dan materai 6000.” Acara ini di suport oleh Pemkot Pagaralam dan tanpa dipungut biaya. Sedangkan peserta sendiri tak harus dari kalangan pecinta alam saja, bisa penggiat alam dan freeland lainnya. Terlebih jika ada dari luar Sumsel minimal dapat mengenalkan keindahan alam Sumsel yang terletak di lokasi acara dan sekitarnya seperti gunung Dempo, air terjun dan lain sebagainya,” beber dia.

Teknis penilaiannya sendiri disambung Ardhy Fitriansyah yang akrab di sapa Anang menerangkan, dalam perlombaan lebih diutamakan ketepatan. Baik ketepatan waktu, maupun ketepatan dalam memilih sampah yang akan dibawa peserta sepanjang jalur yang sudah ditentukan bukan kecepatan.” Selain ketepatan juga ada penilaian kekompakan masing masing tim serta ketepatan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang disiapkan panitia disetiap posko posko yang dilalui,” terangnya.

“ Tahun 2015 lalu jumlah peserta mencapai 43 tim, yang memang tak hanya dari berbagai daerah Kabupaten Kota yang ada di Sumsel. Namun juga berasal dari Ibu Kota Jakarta, Bengkulu, Jambi, Padang,Kalimantan dan banyak lagi. Intinya acara ini selain bersaing memperebutkan hadiah, terpenting guna mempererat tali silaturahmi sesama pecinta alam, penggiat alam dan manusia manusia yang peduli akan alam Indonesia “ tambah Anang.

Ditambahkan Pioner K9 Team, Erwan dan Almidiansyah, selain menggelar acara, pihak K9 Team juga akan tetap berusaha memberikan atau meninggalkan sebuah kenangan bagi warga kampung Tangsi IV. Seperti tahun lalu, sebuah tempat air bersama atau tedmon diberikan kepada warga kaki pegunungan Dempo tersebut.” Jangan sampai sebuah kegiatan tak meninggalkan bekas saja, kami sangat berharap tahun ini dapat memberikan sesuatu juga buat warga disana, kalau dana mencukupi kami ingin membelikan jenset, karena memang warga disana sangat membutuhkan, jika tak cukup mungkin dalam bentuk seadanya saja,” harapnya(SNI)