PALEMBANG,HS – Masyarakat Kota Palembang napaknya harus mengenyampingkan dahulu hasrat untuk bisa menaiki moda transportasi modern Light Rail Transit (LRT). Sebab, saat penyelenggaraan Asian Games, LRT dikhususkan untuk mengangkut sejumlah atlet dan official terlebih dahulu.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Zulkifri
mengatakan, pihaknya saat ini masih mengkaji kemungkinan dibukanya LRT ini untuk masyarakat umum saat gelaran Asian Games. Poin pertimbangan tersebut salah satunya meliputi masalah keamanan dan kesiapan sejumlah stasiun.

“Akan tetapi untuk saat ini kemungkinan selama gelaran Asian Games LRT diutamakan dulu untuk mengangkut tamu, yaitu atlet dan official,” ujarnya didampingi Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah 2 Sumsel, Nuh Setiawan, Senin (11/2/2018).

Ia menjelaskan, sebelum LRT dibuka untuk masyarakat umum, perlu perencanaan yang matang. Apalagi, jika masih ada stasiun yang nantinya belum dapat beroperasi secara optimal.

“Jadi kan tentu kita mendahulukan yang utama yang terlebih dahulu, khususnya dari stasiun bandara SMB II menuju Jakabaring,” tuturnya

Ia menambahkan, train set sendiri dijadwalkan tiba di akhir Maret, untuk kemudian pada Juni sudah dilakukan uji coba dan commisioning test.

“Uji coba akan dilakukan di zona 5, mengingat zona tersebut yang dianggap paling siap mulai dari track dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya mengatakan, progres LRT saat ini secara keseluruhan sudah mencapai 86,33 persen, memang ada sedikit deviasi sekitar 2,9 persen dari target progres yang ditentukan.

Akan tetapi, hal tersebut bukan merupakan sebuah kendala besar. Sebab, kemunduran dari target lebih dikarenakan kemunduran dari beberapa material yang dibutuhkan untuk rel dan stasiun.

“Ketertinggalan itu masih bisa diatasi, kami juga sudah meminta kepada kontraktor untuk mengejarnya,” jelasnya