PALEMBANG,HS – Sempat tertunda saat mengelar ujicoba beberapa waktu lalu, ahkirnyaLight Rail Transit (LRT) Palembang malam ini (21/5/2018) akan di ujicoba tes dinamis untuk memastikan kelistrikannya.

Manager Humas – Protokoler PT INKA (Persero), Exiandri Bambang P mengatakan untuk ujicoba secara statis sudah dilakukan PT INKA selaku pembuatan kereta di Madiun. Sementara untuk ujicoba tertutup dinamis di Depo Jakabaring Palembang kemungkinan bakal dilakukan besok.

“Memang kemarin sempat tertunda karena ada terkendala teknis. Jadi  ujicobanya kemungkinan paling cepat besok,” ujarnya

Menurutnya, untuk ujicoba secara dinamis bakal berlangsung tertutup dari khalayak ramai. Hal tersebut dikarenakan demi keselamatan masyarakat sekitar jika ikut langsung ujicoba ataupun yang melintas.

Selain itu,  LRT Palembang yang merupakan moda tranportasi anyar di Indonesia juga bakal memakai arus listrik dari bawah tanah sebagai tenaga utama, maka dari itu pihaknya enggan jika terjadi hal-hal tak diingikan apabila ujicoba dilakukan secara terbuka.

“Untuk ujicoba memang tertutup mengingat inu transportasi baru. Apalagi arus listrik ada di bawah, bahaya untuk masyarakat umum,” tegasnya

Ia menambahkan, untuk ujicoba nantinya bakal dilakukan dari stasiun terdekat yakni Opi Mall Jakabaring. Adapun untuk ujicoba di atas rel juga akan dilakukan dengan rute dekat dahulu seputaran Zona V Jakabaring.

Apabila setelah di tes jarak dekat sudah dirasa aman,  maka ujicoba dilangsungkan per zona hingga zona I bandara.

“Nah untuk ujicobanya belum tahu siang atau malam,  karena kita masih berkodinasi dengan pihak terkait. Karena semuanya kembali menjaga keselamatan masyarakat. Bisa jadi malam melihat kondisi lalu lintas yang lengang,” jelasnya