PALEMBANG,HS – Selama libur lebaran Light Rail Transit (LRT) Sumsel, mengangkut 121.381 penumoang
Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan jumlah penumpang LRT mengalami lonjakan hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. Terhitung sejak tanggal 3-10 Juni rata-rata penumpang perharinya mencapai 15 ribu orang.
“Selama masa libur lebaran jumlah penumpang mencapai 121.381 orang. Jumlah penumpang tertinggi iti terjadi pada H+3 lebaran yakni 24.622 orang,” katanya, Selasa (11/6/2019)
Menurutnya, Jumlah penumpang masa libur lebaran itu diakuinya, sebenarnya bisa saja bertambah, sebab jumlah penumpang tersebut dihitung berdasarkan jumlah tiket.Tetapi banyak pula penumpang mengajak anak-anak berusia dibawah 3 tahun yang tak dikenai biaya
“Jumlah penumpang ini hanya yang beli tiket. Belum lagi yang bawa anak-anak itu banyak sekali,” pungkasnya
Ia mengungkapkan, para penumpang yang menaiki LRT tak hanya berasal dari Palembang. Banyak juga penumpang dari Jakarta, Bogor, Jambi dan kota besar lainnya di Indonesia.
Banyaknya jumlah penumpang tersebut tak terlepas dari keinginan warga yang bertransportasi bebas macet. Dimana pada masa lebaran jalan-jalan protokol di kota pempek pada umumnya mengalami kemacetan parah
“Penumpang itu naik LRT karena bebas hambatan, terutama yang ingin berpergian ke Bandara. Ada juga yang penasaran naik LRT, terutama penumpang asal luar kota,” terangnya
Menurutnya, jumlah penumpang LRT saat ini sudah mulai cukup stabil. Setiap harinya jumlah penumpang naik LRT mencapai 4 ribu orang.
Tingginya antusiasme masyarakat dan komitmen LRT untuk menambah pelayanan, membuat pihaknya menambah 6 perjalanan. Dari semulai 52 menjadi 58 perjalanan perhari.
“Sekarang sudah mulai stabil. Apalagi perjalanan terakhir LRT sekarang sampai pukul 20.32,” tutupnya