Hj Tartilah Ishak Mekki bersama Hj Sri Kustina Heri Amalindo ketika memanen sayur mayur di Desa Lunas Jaya, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

Hj Tartilah Ishak Mekki bersama Hj Sri Kustina Heri Amalindo ketika memanen sayur mayur di Desa Lunas Jaya, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

PALI, HS – Pujian terlontar dari istri Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Hj Tartilah Ishak Mekki terhadap Desa Lunas Jaya, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang mewakili Sumatera Selatan untuk mengikuti perlombaan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK) pada Tingkat Nasional.

Pujian tersebut disampaikan oleh Tartilah ketika mengunjungi Desa Lunas Jaya bersamaan penilaian oleh tim verifikasi dari Pokja III PKK Pusat yang dipimpin Drs Johan Kusmono, Ketua Pokja III PKK Pusat, Kamis (29/9).

“Saya sangat berbahagia karena Kabupaten PALI bisa masuk nominasi lima besar tingkat nasional dan mengalahkan ratusan kabupaten kota yang ada di Indonesia dalam lomba hatinya PKK tingkat nasional,” jelas Tartilah.

Wanita yang kini juga menjabat sebagai Wakil Ketua 1 PKK Provinsi Sumsel ini sangat optimis Kabupaten PALI menjadi juara.

“Saya sangat bangga kepada Kabupaten PALI, baik itu ketua TP PKK nya, pengurus PKK nya, serta kader-kader PKKnya. Untuk itulah, setelah melihat langsung kondisi Desa Lunas Jaya, saya optimis,” sambungnya.

Sementara itu, dalam keterangannya, Ketua TP PKK Kabupaten PALI, Ir Hj Sri Kustina Heri Amalindo mengucapkan banyak terimakasih kepada tim penilai yang bersedia datang jauh-jauh ke Bumi Serepat Serasan untuk melakukan verifikasi atau penilaian di Desa Lunas Jaya.

Sri Kustina menerangkan bahwa 90% warga Desa Lunas Jaya telah memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk dikelola dan ditanami sayuran, tanaman obat, bahkan budidaya ikan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari warga sekitar.

“Selain itu juga, telah dihasilkan produk dari warga Lunas Jaya, seperti teh rosela, pupuk organik, yang mana produk-produk yang dihasilkan dapat digunakan sendiri atau dijual,” tambahnya.

Sri Kustina juga berpesan kepada warga setempat untuk memelihara apa yang sudah ada di Desa yang terletak di Kecamatan Tanah Abang tersebut.

“Jangan jadikan ini hanya untuk perlombaan semata. Karena, pada dasarnya lomba Hatinya PKK tersebut ditujukan untuk mengajarkan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah sehingga bisa menghasilkan dan bernilai ekonomi,” pesannya kepada warga desa Lunas Jaya.

Dengan didampingi Bupati PALI, Penilaian dilakukan oleh tim verifikasi dengan mengelilingi setiap pekarangan rumah yang ada di Desa Lunas Jaya.

Terpisah, Drs Johan Kusmono menuturkan bahwa Desa Lunas Jaya berpotensi menjadi juara.

“Setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing. Ini kabupaten ketiga dari lima besar yang kami datangi, dan itu memiliki kelebihan sendiri. Untuk di PALI sendiri berpeluang karena merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB). Ini menjadi kredit point dalam penilaian,” bebernya.

Johan juga menambahkan, dari lima besar kabupaten nanti akan terpilihlah tiga pemenang yang nantinya akan mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan.

“Sedangkan untuk dua lagi hanya mendapat sertifikat atau piagam. Namun, pada dasarnya itu bukanlah target utama, karena sesungguhnya Hatinya PKK tersebut bermuara pada terciptanya SDM manusia yang berkualitas dari sayuran serta makanan yang sehat yang berasal dari pekarangan yang diciptakan di setiap rumah warga,” tandasnya. (MAN)