PALEMBANG,HS – Ada yang berbeda dengan suasana penerimaan siswa-siswi baru tahun ajaran 2017/2018. Terutama untuk lulusan Sekolah menengah Pertama sederajat yang akan melanjutkan ke tingkat lanjutan Atas di Kota Palembang dan sekitarnya.

Jauh hari sebelum pengumuman kelulusan, Madrasah Aliyah sudah membludak pendaftar. Tren baru ini terlihat di beberapa Madrasah Aliyah Negeri. Sekolah dengan kurikulum yang menggabungkan antara ajaran agama Islam dan pengetahuan umum ini, mulai mendapat Respon tinggi bagi orangtua yang anaknya lulus SMP/ Mts tahun ini.

Bahkan, di beberapa Madrasah Aliyah, jumlah pendaftar bisa lima kali lipat dari kuota bangku yang tersedia. Beberapa orangtua siswa yang ditemui mengungkapkan alasannya. Selain mengajarkan ilmu pengetahuan Umum Mardasah Aliyah Negeri lebih banyak mengajarkan pelajaran agama.

Pendaftaran MA di Palembang, berbeda dengan penerimaan di sekolah-sekolah negeri. Bahkan jauh-jauh hari sebelum UN, sudah ada yang membuka pendaftaran.
Antusiasme masyarakat terhadap Madrasah Aliyah ini terlihat ketika mulai dibukanya pendaftaran calon peserta didik baru, di lembaga-lembaga pendidikan yang bercirikan Islam Seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Man 2 Palembang dibuka kemarin, sejak Jum’at (5/5) kemarin.

PPDB online dibuka dari tanggal 5 Mei s.d. 13 Mei 2017. PPDB tahun ajaran 2017/2018 dibuka secara online melalui website www. man2palembang.sch.id.
Ketua panitia PPDB Man 2 Palembang Drs. Rizal, M.Si. mengatakan PPDB Man 2 Palembang resmi dibuka secara online pada tanggal 5 mei 2017 dan akan berakhir pada tanggal 13 Mei 2017.

“Untuk peserta pendaftaran PPDB Man 2 Palembang saya ingatkan sebelum mengisi formulir pendaftaran hendaknya melihat prosedur pendaftaran terlebih dahulu dan ikutilah sesuai prosedur pendaftaran yang ada”,ujar Rizal.

Adapun beberapa prosedur pendaftaran PPDB Man 2 Palembang diantaranya sebagai berikut print (cetak) hasil pendaftaran online rangkap 2, copy nomor peserta ujian nasional SMP/MTs dengan menunjukkan yang asli, foto hitam putih ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar dan 3×4 sebanyak 2 lembar, berkas dimasukkan didalam map kertas kambing yakni map warna merah untuk laki-laki dan hijau untuk perempuan.

“Para peserta pendaftaran PPDB dapat menyerahkan berkas 1 (satu) hari setelah pendaftaran selama jam kerja dan setelah penyerahan berkas para peserta yang dinyatakan lulus seleksi berkas dapat langsung mengikuti tes BTA dan hapalan juzz amma. Untuk info lebih lengkapnya dapat diakses di info penting melalui www. man2palembang.sch.id,”jelasnya.

Mengingat PPDB yang dilaksanakan secara online membuat para peserta PPDB dari berbagai daerah dapat mengakses dan mendaftarnya dengan mudah sehingga para pendaftarpun sampai hari kedua ini membludak.

Hal tersebut ditimpali oleh Agus Wiyana, M.Pd yang merupakan koordinator verifikasi data hari ke dua mengatakan membludaknya peserta pendaftar PPDB karena pada hari ini calon pendaftar akan melakukan verifikasi data setelah sebelumnya pada tanggal 5 Mei kemarin mendaftar secara online.

“Para peserta PPDB pada hari ini akan melakukan verifikasi data yang sudah mereka isi secara online sebelumnya, jika verifikasi data dinyatakan lulus para peserta ini akan langsung melaksanakan tes BTA dan hapalan juzz amma, setelah itu mereka akan menunggu pengumuman hasil tes BTA dan hapalan juzz amma pada tanggal 16 Mei 2017,”ujar Agus.

Agus berharap semoga membludaknya peserta pendaftaran PPDB Man 2 Palembang tidak menghalangi panitia untuk melakukan verifikasi data dan semoga PPDB tahun ajaran 2017/2018 dapat berjalan dengan lancar.

Membludaknya para Pendaftar Peserta Didik Baru (PPDB) di hari ke 2 bukan hanya terjadi di MAN 2, tetapi hal tersebut juga dialami di MAN 3 Palembang, pada hari kedua tersebut para pendaftar sudah mencapai 448 orang pendaftar. Ini berdasarkan data online yang diterima oleh panitia PPDB MAN 3.

Menurut ketua panitia PPDB MAN 3, Fitrah Gunawan, M.Pd, para peserta yang telah mendaftar online ini masih terus bertambah. Jumlah tersebut merupakan data yang masuk pada pukul 09.00 WIB. Sementara, para pendaftar berasal dari berbagai SMP/MTs, baik wilayah Sumsel maupun di luar Sumsel.

Pendaftar online ini berasal dari berbagai daerah. Namun pendaftar yang telah melakukan verifikasi berkas hari pertama dan kedua ini umumnya dari SMP/MTs di kota Palembang. Hingga saat ini pendaftar yang telah melakukan verifikasi berjumlah 145 orang,”terang Fitrah.

Hal ini lanjut Fitrah, cukup beralasan, karena saat ini siswa kelas IX SMP/MTs ini masih menjalani Ujian Nasional (UN). Diperkirakan, para peserta di luar daerah akan melakukan verifikasi dua hari terakhir penutupan.

Perlu diketahui, Jadwal pendaftaran PPDB MAN 3 serentak dengan MAN se-Sumsel, yaitu pada 5 -13 Mei 2017. Jadi pendaftar dari luar daerah diperkirakan akan melakukan verifikasi usai mengikuti Ujian Nasional. Kita memperkirakan mereka akan melakukan verifikasi di dua hari terakhir,kata Fitrah.

PPDB MAN 3 jalur regular dibuka secara online di website ppdb.man3plg.sch.id. sementara persyaratan pendaftaran dapat diunduh di website man3plg.sch.id di menu informasi penting(HSN).
.

.