airlangga-sucipto

MADURA, HS – Sriwijaya FC berhasil menumbangkan Madura United di hadapan pendukungnya dalam lanjutan kompetisi sepakbola TSC 2016, yang digelar di Stadion Bangkalan Madura, Rabu (14/93 dengan skor 2-5.

Hatrick atau tiga gol dilesakkan oleh striker Laskar Wong Kito Airlangga Sucipto, dan dua gol diciptakan oleh Alberto Goncalves dan Yohanis Nabar. Sedangkan gol balasan tuan rumah diciptakan Elthon pada menit ke-62, serta Danilovanivic pada menit ke-92.

Pada babak pertama, Madura yang bertindak sebagai tuan rumah langsung memainkan permainan menyerang, namun pada menit ke-6 Sriwijaya FC yang berhasil melakukan tekanan melalui serangan balik yang dilakukan Hilton Moraera.

Namun penjagaan ketat yang dilakukan Fabiano menggagalkan kesempatan SFC mencetak gol.

Madura yang memimpin klasemen sementara sangat bermotivasi tinggi dalam penyerangan, terbukti pada menit ke-12, pemain yang menjadi top skor sementara TSC, Rodriguez menerima umpan Slamet Nurcahyo dari jarak jauh. Bola yang disundul berhasil ditepis oleh kiper SFC Yogi Triyana.

Menit ke-15, Madura kembali mendapatkan peluang, kali ini dari Bayu Gatra menerima bola Denny kemudian melepaskan tembakan ke gawang SFC, namun lagi-lagi Madura belum mampu mengubah skor.

Sriwijaya FC justru berhasil mencuri  gol pada menit ke-26, melalui Airlangga Sucipto yang melepaskan tembakan mendatar dan bola jatuh di sudut kanan gawang Hery. Skor berubah 0-1 untuk Laskar Wong Kito.

Permainan semakin menarik pasca SFC menciptakan gol. Para pemain Madura terus menguasai permainan, namun permainan menyerang Madura masih bisa dibaca oleh pertahanan SFC.

Skor 0-1 tidak berubah hingga turun minum.

Madura yang tertinggal mencoba menguasai permainan, tiga menit babak kedua dimulai Airlangga kembali mencatatkan dirinya di papan skor,  setelah sepakan lambungnya berhasil mengecoh penjaga gawang Madura yang maju dari sarangnya. Skor kembali berubah 0-2.

Airlangga benar-benar menjadi momok bagi pertahanan Madura, kali ini ia berhasil mecetak hatrick ke gawang Madura.

Pada menit ke-56, Airlangga berhasil meneruskan tendangan bebas yang dilakukan Yu Hyoon Koo melalui kepalanya. Skor 0-3 SFC semakin menjauh.

Madura baru bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-63, melalui sepakan Elthon. Ia berhasil menciptakan gol usai mendapatkan umpan keras dari Bayu Gatra. Skor berubah menjadi 1-3 masih untuk keunggulan SFC.

Pertahanan Madura lagi-lagi mendapatkan tekanan dari Airlangga yang berhasil lolos dari pengawalan Fabiano, dan hanya berhadapan satu persatu dengan penjaga gawang.

Namun Heri Prasetyo melakukan pelanggaran setelah menghalang laju Airlangga yang telah mengecoh penjaga gawang. Wasit pun menunjuk titik penalti.

Beto yang maju sebagi eksekutor berhasil menyelesaikan tugasnya dan membuat SFC semakin menjauh.

Memasuki injury time menit 90+3, Madura kembali mampu menambah gol melalui Milovanovic dengan sundulan usai terima freekick Slamet .

Namun gol ini langsung dibalas oleh Anis Nabar usai terima bola terobosan Beto. Skor 2-5 bertahan hingga wasit meniut peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil ini, SFC berhak atas tiga poin kemenangan dan berhasil naik ke peringkat dua dengan torehan 37 poin. SFC  berhasil menggeser Arema Cronus yang mengumpulkan 36 poin.

Meski menelan kekalahan di kandang, Madura United masih di puncak klasemen sementara dengan koleksi 40 poin. (AND)