Palembang,haluansumatera.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri II UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar pelatihan menulis yang diadakan langsung dimasjid Ar-Rahman JL. Perumnas Talang Kelapa Blok 3 Rt 26, Minggu (22/09/19).

Pelatihan ini diisi oleh pemateri Darwin Syarkowi selaku wartawan sekaligus dosen jurnalistik di UIN-RF Palembang.

Adapun sub tema yang dibahas mengenai “Bersinergi Membangun Jurnalist Muda Ikatan Remaja Masjid Ar-Rahman”.

Dalam pemaparannya pemateri menjelaskan mengenai dasar-dasar kepenulisan terutama dalam menulis berita yang baik dan benar.

Pemateri juga memaparkan tentang persiapan wartawan sebelum kelapangan secara tekhnis saat ingin melakukan peliputan.

“seorang wartawan tidak bisa datang ketempat kejadian(lapangan) dengan kepala kosong. Sebelum kelapangan seorang jurnalis harus menentukan tema berita yang akan dibuat, menentukan sudut pandang berita, harus tahu tujuannya serta persiapan menentukan narasumber yang tepat untuk dimintai informasi sesuai fakta,” ujar Darwin dalam pemaparannya.

Salah satu peserta pelatihan jurnalistik Efa mengatakan, sangat senang mengikuti pelatihan junalis yang dapat menambah pengalaman serta motivasi,

” Alhamdullilah dengan senang hati mengikuti pelatihan jurnalis tadi bisa menambah pengalaman saya serta membangkitkan motivasi untuk menulis,” ujarnya.

Syarifudin selaku ketua pelaksana mengatakan tujuan diadakan pelatihan menulis untuk memberikan wawasan pengetahuan dalam bidang jurnalistik dan agar anak remaja masjid mengetahui berita yang layak dan berita hoax.

“kami mengadakan pelatihan menulis ini untuk menambah wawasan pengetahuan terutama pada bidang jurnalistik dan juga agar mereka tahu dan dapat membedakan mana berita yang layak dan mana berita yang hoax,” ujarnya.(vio)