mu-vs-mancity
MANCHESTER, HS – Manchester City sukses mengamankan poin penuh setelah mengalahkan Manchester United dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/9), Malam WIB.

Dengan kemenangan ini membuat Pep Guardiola berhasil mengalahkan rivalnya Jose Mourinho dalam pertemuan perdananya di liga terbaik dunia saat ini.

Pada babak pertama Man United tampak bermain kebingungan dengan aliran permainan mereka kerap terputus oleh penggawa Man City. Hal tersebut dimaksimalkan dengan sangat baik oleh skuat asuhan Pep Guardiola dengan menguasai permainan.

Bermain dengan pola kerja sama yang baik membuat City unggul lebih dulu pada menit ke-15, umpan Kelechi Iheanacho diantisipasi dengan sangat cantik oleh Kevin de Bruyne untuk menaklukkan lini belakang United dan kemudian mengecoh David de Gea. Skor berubah 0-1 untuk City.

Unggul satu gol, City semakin nyaman dengan permainan apiknya, bahkan harus memaksa United masih tidak bisa menemukan performa terbaik mereka.

City kemudian sukses menggandakan skor pada menit ke-36 melalui sontekan Iheanacho memanfaatkan bola muntah tembakan De Bruyne yang membentur tiang.

Pemain yang menggantikan peran Sergi Aguero tersebut sempat mengira ia dalam posisi offside ternyata bendera tidak diangkat dan akhirnya ia merayakan gol yang memang sah tersebut.

Sebenarnya United masih belum bisa keluar dari tekanan tetapi tiga menit sebelum jeda, tuan rumah beruntung kiper Claudio Bravo melakukan blunder saat tangkapannya lepas, dan Zlatan Ibrahimovic tidak menyiakan kesempatan untuk memperkecil ketinggalan menjadi 2-1.

Momentum tersebut membuat kepercayaan diri pemain tuan rumah semakin meningkat dan akhirnya mereka mampu membuat tekanan-tekanan yang merepotkan pertahanan City hingga menit-menit akhir sebelum turun minum.

Babak kedua permainan Uniter baru tampak setelah masuknya Marcus Rashford dan Ander Herrera, menggantikan Lingard dan Mkhitaryan yang kurang maksimal.

Permainan United semakin mengalir dengan masuknya kedua pemain itu, Ibrahimovic yang menjadi ujung tombak semakin mendapatkan layanan untuk menciptakan peluang, tetapi pressing ketat dari bek City membuat akurasi tembakan pemain Swedia itu memburuk.

Pada menit ke-70, suporter Man United bersorak setelah tembakan Rashford menjebol gawang Bravo, namun sayang wasit menganulir gol tersebut karena bola lebih dulu menyentuh Ibrahimovic yang berdiri dalam posisi offside.

City bukan tanpa perlawanan di paruh kedua, De Bruyne nyaris mencetak gol keduanya setelah menerima umpan dari Leroy Sane tetapi sepakannya masih menerpa tiang.

Kemudian skema tendangan sudut yang dilakukan tim tamu beberapa kali memaksa kiper De Gea melakukan penyelamatan gemilang untuk menghindarkan timnya kemasukan gol ketiga kali di laga ini.

DI sisa waktu, pemain United terus berusaha untuk mencari gol penyama, bahkan Rooney sampai frustrasi hingga melakukan tekel kepada kiper yang membuatnya diganjar kartu kuning oleh wasit.

Pada akhirnya, skor 2-1 tetap bertahan hingga wasit meniup pluit panjang. (AND)