Manny Pacquiao dinyatakan sebagai pemenang setelah menang angka atas Jessie Vargas.

Manny Pacquiao dinyatakan sebagai pemenang setelah menang angka atas Jessie Vargas.

LAS VEGAS, HS – Petinju kebanggaan masyarakat Filipina, Manny ‘Pacman’ Pacquaio berhasil merebut sabuk juara dunia kelas welter versi WBO setelah memenangkan pertarungan melawan juara bertahan Jessie Vargas.

Manny Pacquaio sebelumnya kehilangan gelar juara dunia kelas welter versi WBO setelah kalah angka dari petinju Floyd Mayweather Jr pada 2 Mei 2015 lalu.

Pada pertandingan menghadapi Vargas di di Thomas & Mack Arena, Las Vegas, Minggu (6/11) siang WIB, ketiga juri memberikan kemenangan mutlak untuk Pacman dengan total nilai 114-113, 118-109 dan 118-109.

Secara kasat mata, Pacman memang unggul atas Vargas. Pada ronde kedua, Pacman bahkan sempat membuat Vargas mencium kanvas usai menerima pukulan kiri di wajah.

Namun demikian, petinju asal Amerika Serikat ini pun tak mau hanya menjadi bulan-bulanan Pacman. Ia tampil penuh motivasi dan memberi perlawanan yang membuat Pacman harus tetap waspada sepanjang 12 ronde.

“Saya merasa sangat senang meskipun awalnya sempat cemas mengingat dia (Vargas) adalah salah satu petinju yang memiliki pukulan counter yang bagus,” ungkap Manny Pacquiao.

Disinggung mengenai obsesi usai merebut gelar juara dunia versi WBO, petinju yang pada 17 Desember nanti genap 38 tahun dengan yakin mengatakan ia akan kembali menekuni karir politiknya sebagai seorang senator di Filipina. Manny Pacquiao mempercayakan pertarungan berikutnya kepada Bob Arum yang menjadi promotornya.

“Setelah ini saya akan kembali bekerja sebagai senat. Mengenai pertarungan berikutnya saya akan berbicara dengan Bob Arum, dan saya tidak tahu lawannya. Tapi promotor menginginkan agar saya melawan siapa saja di kelas welter.”  (MIM)