13876221_128086907635613_8076961614064934245_n

PALEMBANG, HALUAN SUMATERA – Guna menjalin silaturahmi yang baik antar sesama serta menumbuhkan nilai ukhuwah Islamiyah terhadap kaum hawa, pengajian Bunda Muslimah menggelar pengajian yang diadakan sebulan sekali.

Pengajian ini sangat memberi arti bagi para  ibu-ibu yang mengikuti pengajian Bunda Muslimah. Lewat pengajian tersebut mereka bisa banyak belajar baik dari segi agama, kepribadian, dan bisa merasakan kebersamaan antar saudara, baik itu tetangga.

Pengajian yang baru berlangsung  dua tahun ini digagas oleh Ustadzah  Yeni Triana. Kepada HALUAN SUMATERA, Ustadzah Yeni berkisah.

“Awal  berdirinya pengajian Bunda Muslimah di saat ada kegiatan wisata religi di luar kota yang  hanya beranggota beberapa orang sahabat, yang pada saat itu ikut dalam wisata religi tersebut. Alhamdulillah, sekarang mencapai hampir 30 jemaah berkat ajakan ibu-ibu pengajian,” kata UstadzahYeni usai pengajian di kediaman Nyonya Masdariyanti, Kamis (11/8) di jalan Rudus II, Palembang.

Ketua Pengajian Bunda Muslimah, Iis  Istianah menyampaikan meski jemaah belum terlalu banyak, ia dan para ibu-ibu pengajian lainnya tetap rutin menggelar pengajian.

“Bagi kami 30 jemaah lebih dari cukup, kalau nantinya ada yang mau ikut bergabung dengan Bunda Muslimah atau bertambah jumlah anggotanya ya Alhamdullilah, yang penting niat kita untuk belajar dan menjalin silaturahmi yang baik tidak pernah putus,” demikan tutur Ibu Iis.

Adapun isi dari pengajian Bunda Muslimah ini, tidak jauh dari belajar agama seperti, baca surat Yasin, ayat-ayat pendek atau Juz Amma, zikir, belajar tartil Alquran, serta mendengarkan ceramah dari ustadz yang diundang saat pengajian tersebut.

“Kami senang belajar bersama karena semakin terus belajar kita semakin bisa dan akan haus dengan ilmu baik itu, ilmu agama mau pun yang lain, terutama ilmu agama yang menjadii pedoman hidup kita,” cetusnya.

Sebagai mahluk sosial Bunda Muslimah tidak lupa berbagih akan sesama baik itu, fakir miskin, yatim piatu, atau orang yang kurang mampu yang lagi membutuhkan dengan cara memberi santunan.

“Dalam per bulannya kami selalu mengumpulkan iuran dari ibu-ibu pengajian,yang mana nantinya setelah terkumpul akan di sumbangkan kepada orang yang berhak menerimanya,” ujar Iis.

Bunda Muslimah juga melakukan kegiatan wisata religi baik di dalam kota maupun di luar kota, untuk menambah wawasan baik itu sejarah kebudayaan islam atau hal lainnya yang bernilai positif yang memotivasi diri menjadi lebih baik.

“Terkadang kami jalan-jalan baik dalam atau keluar kota bersama rombogan jamaah pengajian ketempat yang ada nilai islamnya untuk menambah pengetahuan,” Ibu Masdariati salah satu anggota pengajian Bunda Muslimah menyebutkan.

“Saya sangat senang dengan  adanya pengajian Bunda Muslimah ini, saya bisa banyak belajar baik itu dari ustazah atau dari ustat yang mengisi ceramah,” tutupnya. (udi/sla)