Muara Enim,HS-Limit waku pengerjaan Masjid Agung Kota Muara Enim hampir selesai namun pengerjaan” akan berakhir seminggu lagi belun rampung seratus persen.
Hal ini terungkap saat Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar mengecek langsung pembangunan Masjid yang berada di Jalan Ahmad Yani Kota Muara Enim, Jumat (8/9).

Dalam sidak tersebut, Bupati banyak mendapati elemen bangunan masjid yang belum selesai bahkan terkesan amburadul.

Salah satunya bagian paling disoroti Bupati adalah dinding atap masjid yang merembes alias bocor. Atap bocor tersebut berada dibagian belakang ruang utama masjid. Berdasarkan pantauan atap tersebut mengeluar rembesan yang berasal dari seluran pembuangan air dibagian lantai atas. Juga
tiang masjid ada yang retak sehingga memerlukan pengerjaan lanjutan.

Pembagunan Masjid berasal dari Dana CSR PT.Tambang Batu Bara Bukit Asam TBK hampir Rp 10 miliar dan masih memerlukan pengerjaan lanjutan dari kontraktor.

Menanggapi hal ini, Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar mengakui banyak bagian masjid belum rampung diselesaikan. Untuk itu, dia meminta pihak kontraktor melanjutkan pengerjaan yang belum selesai tersebut meski waktu pengerjaan akan berakhir pada 13 September mendatang.

”Hendak nya pengerjaan akan selesai sebelum peringatan HUT Kabupaten Muara Enim,” jelas Muzakir

Bupati menuturkan Keberdaaan masjid agung Muara Enim sudah dinantikan masyarakat sehingga harus segera dimanfaatkan. Menurutnya waktu pengerjaan masjid akan berakhir seminggu lagi atau 13 September 2017mendatang.

“Diwaktu tersebut akan digelar acara penyerahan fisik dari pihak PTBA kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim, tapi kita berharap setelah penyerahan masjid bisa langsung dimanfaatkan,”

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan
Kawasan Permukiman Kabupaten Muara Enim, H Ramlan Suryadi, saat mendampingi sidak Bupati memastikan pengerjaan Masjid Agung Muara Enim tetap dilanjutkan meski waktu pengerjaan akan berakhir pada 13 September nanti.

“Minggu depan batas waktu selesai, tapi sambil jalan akan dilaksanakan masa pemeliharaan untuk membenahi bagian-bagian yang belum selesai,”ungkap Ramlan.

Ramlan menegaskan, ditargetkan masjid Agung Muara Enim selesai bulan November nanti. “Rencananya peresmian masjid ini digelar bersamaan peringatan HUT Kabupaten Muara Enim ke 72 tahun ini pada 20 November mendatang,” pungkasnya(Edward)