Ilustrasi.

Ilustrasi.

PALI, HS – PT Medco EP mengklaim jika pipa minyak miliknya yang bocor dan mencemari Sungai Menggan dan kebun warga di Desa Sukaraja, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI beberapa waktu lalu atas perbuatan oknum yang mensabotase pipanya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Vence Davis, dari Divisi Humas PT Medco EP melalui pesan singkatnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Mas, info dari lapangan benar telah terjadi kebocoran pipa minyak, tepatnya di KM 47,5 Desa Sukaraja Kecamatan Penukal. Namun, hal itu disebabkan oleh pipa minyak disabotase oknum,” demikian isi pesan singkat dari Vence Davis.

Dirinya juga menjelaskan bahwa saat ini di pipa minyak yang bocor tersebut telah dilakukan pengeleman pipa. Sedangkan untuk sungai Menggan dan kebun warga yang terkena minyak sedang dilakukan pembersihan.

“Sudah dilakukan pengeleman pipa, dan dilakukan pembersihan. Kepada warga kami harap kesabarannya,” tambahnya.

Sementara itu, Sarjono, Kepala Desa Sukaraja ketika dihubungi via telepon, Minggu (20/11) membenarkan jika pihak PT Medco telah melakukan pembersihan.

Namun untuk ganti rugi kebun warga, dirinya belum mengetahui hal itu.

“Belum dibahas soal kebun warga yang tercemar. Kebun tersebut punya Habi, warga Desa Sukaraja. Kami minta, PT Medco bertanggungjawab atas yang terjadi beberapa waktu lalu. Karena, selain sungai yang jadi tercemar kebun karet warga pun jadi ikut tercemar,” tambahnya.

Sebelumnya, pada Rabu (16/11) telah terjadi kebocoran pipa minyak milik PT Medco EP di Desa Sukaraja Kecamatan Penukal yang mencemarkan Sungai Menggan dan kebun warga. (MAN)