Menang 2 - 0, tim PON Sumsel sukses balaskan dendam atas Kalsel yang mengalahkan di babak penyisihan.

Menang 2 – 0, tim PON Sumsel sukses balaskan dendam atas Kalsel yang mengalahkan di babak penyisihan.

BEKASI, HS – Tim sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Selatan (Sumsel) sukses mengalahkan tim Kalimantan Selatan pada laga kedua Grup E, babak 8 Besar PON Jawa Barat (Jabar) XIX yang digelar di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (22/9)

Tim Sumsel yang sempat dikalahkan Kalsel 1 – 2 pada babak penyisihan Grup B, Jumat (16/9) lalu kali ini sukses membalaskan dendamnya dengan skor 2 – 0. Dua gol Sumsel masing-masing dilesakkan oleh Manda Cingi serta Mariando.

Babak pertama dimulai, Sumsel langsung menunjukkan permainan menyerang, namun beberapa serangan yang dibangun melalui pemain Mariando belum mampu merubah papan skor.

Meski demikian, tim Kalsel yang diperkuat eks pemain timnas u-19 Paulo Sitanggang mampu memborbardir pertahanan Sumsel, namun berkat kepiawaian penjaga gawang Teja Paku Alam, gawang Sumsel masih aman dari serangan.

Barulah pada menit ke-42 Sumsel mampu memecah kebuntuan melalui aksi pemain yang juga memperkuat Sriwijaya FC, Manda Cingi yang berhasil mengeksekusi bola dari titik putih setelah sebelumnya dijatuhkan dalam kotak penalti.

Sumsel kembali menggandakan keunggulan pada injury time babak pertama, Mariando yang menerobos pertahanan Kalsel mampu melesakkan gol, skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Kaltim yang tertinggal 2-0 dari Sumsel berupaya memperkecil ketinggalan, sehingga pertandingan menjadi semakin menarik.

Namun hingga 30 menit pertandingan berjalan belum ada peluang yang mampu diciptakan bagi kedua tim.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 2-0 untuk kemenangan Sumsel.

Berkat kemenangan ini, Sumsel untuk sementara memuncaki klasemen Grup E. Sumsel mengantongi empat poin dari dua pertandingan, hasil imbang dengan Papua 1 – 1 dan kemenangan atas tim Kalsel.

Selanjutnya, tim sepakbola PON Sumsel akan menghadapi tim PON Jateng di Stadion Patriot, Bekasi pada Sabtu (24/9) pukul 19.00 WIB.

Kemenangan ini membuka peluang tim PON Sumsel untuk lolos ke babak semifinal sebagai wakil dari Grup E.

Sesuai regulasi pertandingan, juara dan runner-up masing-masing grup akan lolos ke semifinal yang akan digelar 26 dan 27 September.

Sedangkan partai final akan digelar pada 28 September di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Jawa Barat. (AND)