PALEMBANG,HS – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi meminta maret Kereta LRT segera didatangkan ke Palembang.

“Ya, saya minta kereta LRT Palembang Maret sudah ada di Palembang,” ujar Menhub RI, Budi Karya Sumadi saat kunjungan ke Palembang, Minggu sore (10/12/2017).

Menurutnya, dengan didatangkannya kereta LRT ini dengan cepat maka ujicoba dapat dilakukan secepat mungkin, sehingga dapat diketahui apa saja yang menjadi kekurangan dan dapat segera dilengkapi.

Jika kedatangan kereta LRT ini lambat tentu akan berpengaruh kepada ujicobanya nanti.

“Kalau bisa datangkan dulu berapa gerbong sebagai ujicoba. Baru nantinya dilengkapi jika tidak ada kendala lagi,” terangnya.

Selain itu, ia meminta semacam riset agar mengetahui berapa banyak nantinya atlet yang menggunakan LRT ini. Jika sedikit tentunya dapat digunakan masyarakat pada momen Asian Games mendatang.

Pihaknya juga pekan depan akan melakukan rapat untuk menentukan tarif, TOD dan lain sebagainya, sehingga tidak terjadi benturan terhadap kendaraan lainnya.

“Rencananya tarif yang akan diberlakukan itu Rp5 ribu. Tapi belum tahu karena masih harus dibahas bersama,” pungkasnya

Lanjutnya, Saat ini progres LRT sudah baik yakni sekitar 76 persen dan ditargetkan selesai pada Februari mendatang. Kedepan, pihaknya ia berharap baik Pemerintah Daerah (Pemda), Kontraktor dan Balai untuk mensosialisasikan agar kesadaran masyarakat tumbuh dan tidak sembarangan didalam LRT.

“Naek kereta dalam kota itu merupakan suati lifestyle jadi butuh kesadaran untuk menjaganya,” tutupnya.

Direktur Operasional II PT Waskita Karya, Adi Wibowo menambahkan saat ini pengerjaan LRT yakni pemasangan rel LRT, sedangkan untuk pemasangan steel box ditempat yang kritis sudah dilakukan semua.

Saat ini untuk jalur trek sudah dipasang sekitar 26 km dari total sepanjang 46 km untuk dua jalur. Pemasangan rel yang dari arah bandara dan juga dari Jakabaring.

“Pemasangan rel ini kami menargetkan pada April mendatang,” katanya.

Untuk kereta, pihaknya mendapatkan info bahwa Maret mendatang baru akan didatangkan. Namun, pihaknya tidak dapat memastikannya.

“Kami harap secepatnya kereta ini datang ke Palembang sehingga bisa dilakukan ujicoba,” tuturnya (MDN)