PALEMBANG,HS – Guna mensukseskan Asian Games 2018 di bidang transportasi, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi, meyerahkan 5 (lima) bus air untuk Sumatera Selatan.

“Jadi lima bus air tersebut masing-masing diberikan 1 untuk Kabupaten Banyuasin, 3 Kota Palembang, serta 1 Provinsi Sumsel. Tetapi pada saat perhelatan 45 negara tersebut berlangsung, bus air itu seluruhnya diprioritaskan untuk kepentingan Asian Games,” katanya, usai meyerahkan secara simbolis lima bus ari di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Rabu (1/8/2018).

Ia menjelaskan, dengan adanya bantuan ini membuktikan bahwa Presiden tidak pernah lupa dengan Palembang, terlebih untuk mempercantik Palembang, bukan hanya untuk Asian Games saja tetapi dipergunakan setelahnya. Apalagi, Sumsel dikenal sebagai salah satu daerah perairan terluas yang memerlukan modal transportasi sungai yang aman.

“Ini juga program kerja Presiden RI yang mengingkan setiap transportasi kabupaten dan kota terkoneksi, buktinya hari ini kita serahkan lima unit bantuan bus air,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, bantuan bus air ini tak lain untuk dipergunakan pada saat perhelatan Asian Games, dengan adanya bantuan ini pihak pemerintah provinsi sangat berterimakasih, hal ini sangat lah membantu disamping itu juga bus air ini akan dijadikan moda transportasi yang langsung terintegrasi dengan LRT.

“Jadi bus air ini nantinya sesudah Asian Games itu akan digunakan masyarakat misalnya dari Banyuasin yang ingin ke bandara itu turun diregmaga Ampera dan melanjutkan perjalanan menggunakan LRT melalui stasiun Ampera,” pungjasnya

Ia menjelaskan, untuk perhelatan Asian Games sendiri tinggal 17 hari lagi, dan semua persiapan semakin matang apalagi dengan adanya bus air ini nantinya bisa saja dipergunakan untuk wisata ofisial dan atlet yang ingin melihat sungai Musi beserta destinasi yang ada di sepanjang sungai.

“Persiapan sejauh ini semakin matang dan kami siap meyambut atlet dan ofisial yang menjadi peserta dari Asian Games,” tutupnya