PALEMBANG,HALUANSUMATERA.COM-Jelang Pemilu 2019 yang tinggal 20 hari lagi, ada beberapa kendala yang dihadapi. Hal ini diungkap oleh PLT Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel Pada Rapat rapat koordinasi pemilu 2019 di aula lantai 2 Dishub Sumsel, Rabu, (27/3/2019). Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara, Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, Komisioner Bawaslu, Iin Irwanto, PLT Kepala Badan Kesbangpol Sumsel, Fitriana dan Asisten 3 Setda Pemprov Sumsel, Edward Juliartha.

PLT Kepala Badan Kesbangpol Sumsel, Fitriana mengatakan disela sela rapat koordinasi pemilu 2019 di aula lantai 2 Dishub Sumsel “Kalau kendala tentunya ada apalagi terkait pendistribusian logistik ke kabupaten/kota, ada daerah-daerah yang masih sangat sulit dijangkau bahkan harus melalui jalur perairan dan melewati jalan setapak,” ujarnya, Rabu (27/3/2019).

Dia juga mengatakan hal tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi dan perlu dukungan dari pemerintah daerah serta provinsi. “Dengan adanya hal ini kan perlu dukungan pemda dan pemprov untuk menjangkau daerah-daerah terpencil,” katanya.

“Lokasi-lokasi yang atau daerah terpencil tersebut, banyak di daerah kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), dan Muratara. Ada sekitar 11 kecamatan yang tersebar di 4 kabupaten tersebut masih terkendala jalur pendistribusiannya,” jelasnya.

Terkait pengamanan pemilu serentak 2019, Fitriana juga mengatakan bahwa saat pemilu serentak yang akan diadakan 17 April mendatang bekerjasama dengan pihak Polri dan TNI. “Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara juga berjanji akan mengamankan pelaksanaan pemilu serentak, harapan beliau dengan bekerja secara all out akan mencipatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Edward Juliartha mengatakan terkait rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengedukasi, menyamakan persepsi untuk mensuksekan pemilu yang tinggal 20 hari lagi.

“Penyampaian materi dirapat koordinasi ini masih terkait dengan adanya tantangan hambatan yang mungkin terjadi saat pendistribusian logistik terkait pemilu. Dan dengan adanya rapat ini juga kita bisa bersama-sama mencari solusi persoalan yang ada di lapangan dan mencari jalan keluarnya,” katanya(HSB)

.
 

.