PALEMBANG,HS – Dengan digelarnya apel persiapan pemilu 2019 di Sumatera Selatan, ini membuktikan bahwa Sumatera Selatan sudah siap untuk menggelar pemilu yang tinggal 86 hari lagi. 
Hal jni dikatakan, Menkopolhukam RI, Jenderal TNI (Purn) Wiranto selaku Pembina Apel Persiapan Pemilu Terbanyak Tingkat Provinsi Gelaran Bawaslu Sumsel yang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MuRI) yang digelar di Dinning Hall, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Senin (21/1/2019).
“Saya bangga mendengar Sumatera Selatan memiliki inisiatif ini dan memecahkan rekor MURI. Menggelar apel siaga berarti anda sudah siap untuk mengamankan pemilu mendatang,” katanya.
Ia menjelaskan, tentu ini merupakan salah satu yang harus diapresiasi. Mengingat, betapa pentingnya pengawasan pemilu karena sudah merupakan strategis sangat penting untuk memelihara kesinambungan negara Indonesia. Untuk mencari pemimpin dibutuhkan pemilu yang aman, sukses, jujur, adil, terbuka. Semuanya itu dibutuhkan atau bisa terlaksana apabila pengawasannya bagus. Jangan lupa pengawasan itu sangat penting sekali, karena akan terlihat keberhasilan pemilu yang berkualitas dan bermartabat.
“Pemilu adalah pesta demokrasi. Ada yang setuju ada yang tidak setuju. Pemilu itu adalah pesta penuh kebahagiaan. Lima tahun sekali memilih pemimpinnya dengan gembira,” katanya


Menurutnya, konflik itu pasti ada, tetapi dapat dimininalisir dan bisa dihindari apabila kesadaran masyarakat, partai politik, hingga kesadaran para calon sendiri. Oleh sebab itu, tugas Banwaslu lah agar dapat mengawasinya. 
“Saya berharap tidak ada konflik karena sebutanya saja pesta demokrasi kok konflik. Pemimpin idaman sejati. Kita jaga betul menjadi pesta bukan malah menimbulkan konflik. Selamat bertugas semoga Allah melindungi kita semua,” bebernya.
Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, pemilu yang baik itu biasanya ada tanda-tandanya. Dengan adanya apel siaga ini membuktikan bahwa sudah terlihat bahwa pemilu mendatang bakal berlangsung dengan baik, karena kesiap siagaan penyelenggaraannya.
“Dengan adanya apel siaga yang dilakukan oleh Banwaslu Provinsi Sumatera Selatan yang jumlahnya tidak tanggung-tanggung mencapai 4550 personil, bahkan mendapatkan rekor Muri. Mudah-mudahan ini akan menjadi bertanda baik bahwa pemilu di Sumsel akan berlangsung dengan aman, adil, jujur, dan bermartabat sejatinya itu yang diharapkan,” tutupnya