PALEMBANG,HS – Menteri Pariswisata Republik Indonesia Dan Gubernur Sumsel Meresmikan atau meletakkan batu pertama pembangunan Politeknik Pariswisata Negeri Palembang bertempat dibelakang bank sumselbabel jakabaring kamis (31/5),

Sebelumnya Menteri Pariswisata juga berkunjung ke Kampung Almunawar dan meninjau beberapa venue olahraga di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, diantaranya Shooting Range, Danau Ski Air untuk persiapan Palembang dalam menghadapi Asian Games 2018 mendatang.

Menurut Menpar RI Arief Yahya, mengatakan nantinya akan dibangun 25 gedung untuk perkuliahan Mahasiwa Poltekpar Palembang. Sementara ini, lanjut Arief akan dibangun 2 gedung yakni gedung A dan B yang akan selesai sebelum Asian Games 2018 mendatang.

“Saya ingin Poltekpar disini ada Program Studi untuk sport Tourism. Kalau tidak, rugi Kemenpar,” ujarnya

Ia juga menambahkan, Untuk diketahui dari 6 perguruan tinggi serupa, belum ada satupun yang memiliki Prodi Sport Tourism. Ia berharap dengan adanya Prodi tersebut dapat mempengaruhi posisioning Sumsel yang sudah ditetapkannya sebagai model Sport Tourism.

“Manfaatkan saja seluruh fasilitas yang ada disini, kan Poltekpar itu wajib meramaikan disini, jadi wajib meeting pameran pameran adakan disini endorse-endorse dibidang olahraga pemain sepakbola terkenal dan sebagainya. Demikian juga seni, tapi poin saya harus ada sport Tourism,” ungkapnya.

Lanjutnya, permintaannya agar Poltekpar memiliki Prodi Sport Tourism bukanlah hal yang aneh mengingat seluruh fasilitas olahraga dimiliki oleh Palembang.

“Jadi tidak begitu aneh jika saya meminta Palembang untuk menjadi sport Tourism, dengan laboratorium (venue) semua ini saya anggap laboratorium seluas 320 hektar,” ujar Arief.

Ia juga menyebutkan, untuk sport Tourism yang terpenting yang dibutuhkan oleh Kemenpar adalah promosi karena sport tourism vanue tertingginya adalah promosi. Apalagi, lanjut Arief Palembang akan menjadi tuan rumah MotoGP yang diperkirakan Arief vanue promosinya lebih dari Rp 2 Triliun.

“Dengan kata lain sudah hampir pasti Sumsel, Palembang akan menjadi sangat terkenal di seluruh dunia kalau ada event sport Tourism yang besar tapi direct impact nya tidak terlalu tinggi itu kita harus paham tidak sampai Rp 1 Triliun,” ungkapnya.

“Jadi kalau ada event itu, kesempatan kita lah untuk mempromosikan itu apa yang dimiliki. Jadi nanti yang datang kesini akan balik lagi dan apa yang kita miliki kita populerkan dengan destinasi yang ada. Palembang juga akan ada Motor Cross, itu tidak terlalu banyak wisman yang datang diperkirakan hanya Rp 5 Miliar, tapi valuenya tinggi, jadi kita harus mengerti itu,” tambahnya

Sementara itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, mengatakan Poltekpar Palembang tidak akan kalah dengan Poltekpar lainnya yang lebih dulu berdiri.

Diakui Alex bahwa akses ke lokasi dari bandara memang masih banyak yang rusak, tapi Alex menjanjikan setelah pembangunan selesai maka jalan akan diperbaiki.

“Saya janjikan 6 bulan sebelum Asian Games Palembang akan jadi kota tercantik di Indonesia. Sumsel akan jadi pusat sport Tourism, seluruh venue olahraga berstandar internasional yang nantinya akan digunakan untuk event-event internasional,” tegas alex (MDN)