PALEMBANG,HS – 100 hari menuju Asian Games 2018, kota Palembang menggelar parade rakyat bertempat di Simpang Lima Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRD) Sumsel dengan dilepas langsung oleh Sekda Kota Palembang Harobin Mustopa, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo, Kapolda Sumsel, Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI A.M. Putranto, serta perwakilan dari INASGOC, Nirmala Dewi.

Dengan rute parade yang berawal Simpang Lima DPRD Provinsi Sumsel, dengan melalui jalan Kapten A. Rivai untuk menuju rute terakhir parade yakni Rumah Dinas Walikota Palembang di kawasan Kambang Iwak melalui Jalan Kapten A. Rivai, yang disambut langsung oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin, Pjs Walikota Palembang, Ahmad Najib.

Untuk jumlah Peserta yang mengikuti sekitar 2018 orang yang terbagi menjadi 35 tim mengikuti parade rakyat. Para Perseta sendiri berasal dari berbagai institusi terkait seperti di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, TNI, Kepolisian. Juga tak ketinggalan elemen dan organisasi masyarakat, umum hingga pelajar dan lembaga perbankan turut hadir memeriahkan kegiatan tersebut.

Berbagai kostum yang dikenakan para peserta yang mengikuti parade untuk menghibur masyarakat Palembang yang hadir menyaksikan kegiatan tersebut, mulai dari bertemakan tahun kemerdekaan, dengan memakai seragam khas Presiden pertama republik Indonesia (RI), Ir Soekarno, pria tersebut sekilas mirip dengan bapak kemerdekaan itu. Juga kostum superhero, baju adat daerah, hingga pakaian instansi/lembaga peserta masing-masing.

Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin mengatakan bahwa saat ini khusus Palembang, kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC), yang akan menjadi tempat kejuaraan Asian Games, telah memasuki tahapan beautiful finishing.

“Jakabaring sekarang tinggal tahap mempercantik dengan dilakukan penanaman taman juga perbaikan jalan di JSC itu, untuk itu saya yakin dan optimis, pada pertengahan Juli Kota kita akan menjadi kota paling cantik di Indonesia,”kata Alex

Lebih lanjut ia mengungkapkan  persiapan untuk menjadi tuan rumah Asian Games sudah sejak dua tahun yang lalu dilakukan Pemprov beserta Pemkot, dengan bermodalkan Sumsel zero konflik, menjadikan Palembang ibukota Sumsel sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta terbesar.

“Sumsel  menjadi  provinsi  di Indonesia  yang tak pernah terjadi konflik antar suku agama atau etnis, dengan bermodalkan itu dunia memilih kita sebagai tuan rumah Asian Games,”ungkapnya

Untuk itu, Alex sangat yakin juga optimis Asian Games di Palembang, pada tanggal 18 Agustus dapat berlangsung dengan meriah dan aman.

“Dengan doa rakyat Sumsel, mudah-mudahan apa yang telah kita siapkan selama dua tahun dapat berjalan dengan lancar, dan Sumsel juga menjadi tempat percontohan untuk event-event,” tutupnya.

Sementara itu, hal yang senada disampaikan Sekjen Inasgoc Eris Heryanto, bahwa dirinya melihat pertama kali, animo masyarakat yang sangat luar biasa ini, hanya ada di Palembang. Dengan partisipasi masyarakat, ia yakin Asian Games mendatang dapat sukses.

“Dengan hanya melihat parade ini saja dapat membuktikan bahwa masyarakat disini sangat antusias adanya Asian Games, “katanya.

Saat ini, untuk promosi Asian Games yang terus digencarkan oleh pihak Pemprov (Sumsel), seperti halnya Parade 100 hari menuju Asian Games. Menurutnya apa yang telah dilakukan Pemprov, itu sebagai jawaban atas keinginan Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi Widodo.

“Apa yang dilakukan oleh pemerintah Sumsel adalah suatu keinginan Presiden, untuk demamkan masyarakat lewat Asian Games, itu telah terbukti disini di Palembang,” jelasnya