Foto (Ist)

PALEMBANG,HS –  Calon anggota DPD RI Amaliah Sobli tampaknya bakal menduduki kursi senator di Senayan. Hal itu tidak dibantah jika melihat hasil real count DB1 Pleno KPU Kabupaten Kota Se Sumatera Selatan. Dari 99.9 persen data yang masuk dokter muda ini menduduki urutan pertama dan meraih suara terbanyak.
“Alhamdulillah kemarin saya mengira menempati urutuan ketiga tapi setelah data masuk hampir seratus persen tidak menyangka bisa menduduki peringkat teratas dari perolehan suara. Bagi kami ini merupakan amanat yang diberikan oleh rakyat,” ujarnya ketika dihubungi Rabu (8/5/201).
Dari data yang didapat, Lia sapaanya mendapatkan 340.679 suara sedangkan diurutan kedua ada Jialyka Maharani yang juga putri dari Ilyas Panji Alam, Bupati Ogan Ilir. Jialyka mendapat 337.709 suara. Diurutan ketiga Hj Eva Susanti terpaut tipis dengan Jialyka yang meperoleh 337.012.
Sementara diurutan keempat atau kursi terakhir DPD RI utusan Sumsel menempatkan Arniza Nilawati yang meperoleh 292.024 suara. Sementara dua incumbent dipastikan tak lagi menduduki kursi senator karena hanya menempati urutan kelima dan keenam. Diketahui Hj Asmawati hanya mendapatkan 236.011 suara dan diurutan keenam Abdul Aziz mendapatkan 185.084 suara.
“Kami meyakini hasil tersebut tidak akan berubah signifikan, dari data yang masuk hanya 1 Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang yang belum masuk,” jelasnya.
Keponakan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya dan Walikota Prabumulih H Ridho Yahya ini tak menyangka bisa memperoleh suara terbanyak DPD RI karena dirinya hanya menargetkan peringkat tiga dari empat kursi senator yang diperebutkan di Sumatera Selatan.
“Hasil ini diluar dugaan awalnya cuma menargetkan tiga besar tapi bisa meraih suara terbanyak. Tentunya ini adalah amanat rakyat berikan kepada kami dan saya mengucapkan terima kasih telah memberikan kepercayaan ini,” tutupnya