Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah membuka MTQ ke-9 Kabupaten Empatlawang.

EMPATLAWANG, HS – Pelaksanan acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – X tingkat Kabupaten Empatlawang tahun 2017 yang dipusatkan di Gedung Serbaguna (GSG) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empatlawang Rabu (22/3) berlangsung meriah.

Acara yang dibuka oleh Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah diawali dengan kegiatan pawai yang diikuti oleh 10 kafilah peserta. Masyarakat sangat antusias menyaksikan pawai MTQ ke-X tingkat Kabupaten Empatlawang tahun 2017 ini yang dimulai dari lapangan SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, berakhir di GSG Pemkab Empatlawang.

Dalam acara yang dihadiri oleh FKPD, SKPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan lain serta masyarakat luas di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati itu turut dihadirkan grup Marawis SD Negeri 1 Tebing Tinggi, untuk menghibur hadirin. Ustadz Inayatullah dari Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) didaulat sebagai pengisi tauziah di akhir acara.

Kabag Kesra Setda Empatlawang, H Kencana Sotar dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan MTQ ke-X Kabupaten Empatlawang tahun 2017 ini untuk membentuk Qori’/Qori’ah yang handal dan siap untuk berkompetisi di bidang seni baca Alqur’an tingkat regional.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 22 sampai dengan tanggal 24 Maret 2017, bertempat di Tebing Tinggi,” ujarnya.

Disampaikannya peserta berasal dari 10 (sepuluh) kecamatan se Kabupaten Empatlawang dengan jumlah peserta 225 orang, Sementara dewan hakim 4 (empat) orang dari Kabupaten Lahat, 1 (satu) orang dari Kota Pagaralam, satu orang dari Kota Lubuklinggau dan 12 (dua belas) orang dari Kabupaten Empatlawang,

“Ada 5 (lima) cabang yang diperlombakan yakni, Cabang Tartil Alqur’an, Cabang Tilawah Alqur’an, Cabang Hifzhil Alqur’an, Cabang Fahmil Alqur’an, Cabang Syarhil Alqur’an dan Cabang Khathil Alqur’an,” paparnya.

Sementara itu Bupati Empatlawang H Syahril Hanafiah dalam sambutannya mengatakan, adanya kegiatan MTQ ke-X yang berlangsung di Kabupaten Empatlawang pada tahun 2017 kali ini agar dapat menjadi pedoman diri untuk memupuk iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Syahril juga menyampaikan kaedah isi di dalam Al Quran harus dipelajari dengan sebenar-benarnya sebab banyak mengandung manfaat didalam kehidupan sehari-hari,

“Generasi muda jangan terjerumus dalam perilaku negatif dan generasi muda Empatlawang harus benar-benar berakhlakul karimah yang baik,” pintanya. (ELW)