Palembang,Haluansumatera.com-Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palembang menerima penyaluran zakat, infaq dan sedekah. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak awal Ramadhan 1440 H lalu dan berakhir pada 23 Mei 2019 mendatang.

Kepala madrasah Tugino mengatakan, zakat fitrah wajib dikeluarkan setiap muslim yang mampu. Dan untuk memudahkan, ia membuka posko penyaluran zakat di madrasahnya yang diharapkan para siswa dapat menyalurkan zakat mereka di madrasahnya sendiri.

Menunaikan zakat ini sendiri sekaligus sebagai pembelajaran bagi siswa-siswi akan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan yang selama ini hanya sering terdengar di dalam kelas-kelas saja.

Dengan kegiatan ini, kita mengajak seluruh elemen di lingkungan madrasah dapat pula memaknai kebersamaan yang penuh berkah di bulan Ramadhan ini dengan giat berzakat,ujarnya.

Awaludin petugas penerima zakat MTs Negeri 1 Palembang menambahkan, Batas menerima sampai 23 Mei mendatang.

“Rencananya akan kami salurkan ke warga MTsN 1 Palembang yang berhak menerima, nanti akan dibahas lagi,” kata awaludin saat dibincangi di meja kerja, Kamis (16/5/2019).

Pihaknya kata dia melayani penerimaan zakat fitrah, infaq dan sedekah. Dalam pelaksanaanya, anggota OSIM madrasah turut membantu kegiatan tersebut.

Saat menerima, terjadi izab qabul dan do’a dari yang menyerahkan dan si penerima. Anggota OSIM pun mempelajari do’a-do’anya.

“Sekaligus mereka latihan dan jika sewaktu waktu di masyarakat dibutuhkan mereka sudah siap,” tambahnya(hsb)