Warga Desa Muara Emil, memanfaatkan dana desa untuk budidaya lele dan penggemukan sapi. Saat ini warga berhasil melakukan panen lele perdana di kolam terpal.

Warga Desa Muara Emil, memanfaatkan dana desa untuk budidaya lele dan penggemukan sapi. Saat ini warga berhasil melakukan panen lele perdana di kolam terpal.

MUARAENIM, HS  – Warga Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim menggelar panen perdana budidaya ikan lele, Kamis (15/9). Panen perdana yang dianggap mencapai hasil yang cukup maksimal ini, dihadiri oleh Camat Tanjung Agung, Drs Saprioma, perangkat desa dan masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Muara Emil, Hazairin menjelaskan, Desa Muara Emil termasuk dalam kelompok desa penyumbang pangan di Kabupaten Muara Enim. Menurutnya, budidaya ikan dan penggemukan sapi merupakan salah satu ladang usaha yang cukup menjanjikan bagi pelaku ternak di Desa Muara Emil.

“Khusus panen perdana hari ini memang dilaksanakan secara simbolis oleh Pak Camat dan disaksikan oleh masyarakat, sebagai bukti langkah keberhasilan warga dalam penerapan manfaat dana desa yang diperoleh dari Pemerintah,” katanya.

Selanjutnyanya dari hasil sekitar 6.000 ikan lele ini akan dimanfaatkan kembali untuk pembibitan ulang, pakan dan kelengkapan lainnya.

“Selain itu pula di beberapa dusun juga ada penggemukan sapi yang telah berjalan ,” ujar Hazairin.

Kepala Dusun  III, Desa Muara Emil, Marsudin mengatakan, jumlah budidaya lele dilakukan di 3 kolam terpal dengan jumlah sekitar 6.000 ikan lele.  Setiap kolam berukuran 2×4 meter dengan daya tampung 2.000 ikan lele.

Ikan lele tersebut dipanen dalam waktu 3 bulan, selanjutnya hasil penjualannya digunakan kembali untuk membeli bibit ikan lele, pakan ikan, dan untuk kas desa.

“Di desa ini juga ada usaha penggemukan sapi yang saat ini baru berjumlah 15 ekor  Semoga dengan harapan dan niat yang sungguh sungguh akan membuahkan hasil yang bermanfaat,” pungkasnya. (EDW)