Pilkada Serentak

MUARAENIM, HS – Estimasi biaya untuk pelaksaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak untuk memilih Gubernur Sumatera Selatan dan Bupati Muara Enim pada 2018 mendatang mencapai Rp 71 miliar.

Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muaraenim, Andi Wijaya mengungkapkan, kesiapan anggaran merupakan pembahasan utama dalam rapat membahas dukungan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.

“Untuk perencanaan awal, estimisasi besaran anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 71 miliar, tapi itu sudah mencakup Pilgub yang merupakan agenda pihak provinsi,” Kata Andi usai rapat di Aula Kantor Bappeda, Muaraenim belum lama ini.

Andi menegaskan, anggaran sebesar itu tidak mungkin hanya dibebankan kepada  Kabupaten Muaraenim saja. Diperlukan dana sharing dari Pemprov Sumsel untuk mencukupi jumlah dari estimasi anggaran yang sudah direncanakan.

“Jelas tidak mungkin semua dibebankan kepada kita, karena jumlah itu sudah mencakup pelaksanaan Pilgub, itu tanggung jawab pihak provinsi,” jelasnya.

Andi mengungkapkan, Muaraenim merencanakan akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 38 miliar untuk pelaksanaan Pilbup. Karena agendanya adalah Pilkada serentak untuk memilih Gubenur dan Wakil Gubernur,maka anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 71 miliar.

‘Kita merencanakan untuk menyiapkan Rp 38 miliar, nantinya untuk mencukupi jumlah sesuai dengan estimasi perencanaan kita membutuhkan dana sharing dari provinsi,” tambahnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Muaraenim, Rohani menyebut, besaran anggaran tersebut masih perencanaan dan belum menjadi keputusan.

“Dari hitungan estimasi KPU diperlukan anggaran sebesar Rp 61 miliar. Jumlah tersebut belum final dan perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut termasuk dengan pihak provinsi,” ujarnya.

Lanjutnya, besaran anggaran yang dibutuhkan tersebut sudah mencakup semuanya, termasuk logistik dan pengamanan.

‘Itu estimasi kebutuhan anggaran untuk semua kegiatan, termasuk pengamanan,’ jelasnya.(EDW)