Piala WTN tahun 2017 diserahkan oleh Wapres Jusuf Kalla bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Istana Wapres.

JAKARTA, HS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim kembali meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk yang ketujuh kalinya dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar didampingi Kasat Lantas Polres Muaraenim, AKP Adik Listiyono, di Istana Wakil Presiden, Senin (31/1).‬

‪Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar membenarkan Pemkab menerima piala WTN. “Piala yang diterima kali ini, kategori kota kecil bidang tertib lalu lintas, angkutan dan prasarana lalu lintas. WTN yang kita terima kali ini untuk yang ke 7 kalinya,” kata Muzakir.‬

‪Pertama kali menerima WTN kategori tertib angkutan, kemudian bidang tertib lalu lintas sebanyak 3 kali, dan WTN penuh sebanyak 3 kali. Menurutnya, sebelum mendapatkan penghargaan tersebut, tim dari Kementerian Perhubungan telah tiga kali melakukan penilaian.

Penilaian pertama dengan melakukan pengecekan masalah administrasi. Kemudian penilaian kedua II dan III melakukan peninjauan lapangan dan paparan. Dalam paparan tersebut mereka melihat sejauh mana komitmen Pemkab Muaraenim dalam penganggaran perhubungan.

Penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, terdiri atas: Wahana Tata Nugraha (WTN) kepada pemerintah daerah, Penghargaan kepada Perusahaan Angkutan Umum Orang Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Angkutan Pariwisata dalam Memberikan Pelayanan Terbaik, dan Penghargaan kepada Perusahaan Penyedia Jasa Angkutan Penyeberangan Berkinerja Terbaik.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) merupakan merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah yang mampu menata dan meningkatkan kinerja sistem transportasi perkotaan sehingga tercipta lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin kesetaraan.

Penghargaan WTN ini berupa: Plakat WTN (57 kota), Piala WTN kategori Lalu Lintas (114 kota), Piala WTN kategori Angkutan (5 kota), Piala WTN (47 kota), Piala WTN Kencana (2 kota), dan Piala WTN Wiratama (11 provinsi). (EDW)