PALEMBANG,HS – Mulai 17 Agustus sampai dengan 4 September 2019 nanti 8.509 jemaah haji Embarkasi Palembang mulai pulang ke tanah air.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, Saefudin, mengatakan setelah berakhirnya masa pemberangkatan calon jamaah haji ini, PPIH Embarkasi Palembang tentu akan melakukan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan, sembari mempersiapkan diri menyambut kepulangan jamaah pada pertengahan Agustus nanti.

“Masa pemulangan jamaah haji Embarkasi Palembang dimulai pada 17 Agustus hingga 4 September. Kloter pertama dijadwalkan tiba di Bandara SMB II Palembang pada 17 Agustus 2019, pukul 22.55 WIB. Sedangkan kloter 19 dijadwalkan tiba pada 4 September pukul 21.45 WIB,” ujarnya, Kamis (25/7/2019).

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Palembang, HM. Alfajri Zabidi, keberangkatan kloter 19 menandai berakhirnya masa pemberangkatan jamaah haji Embarkasi Palembang musim haji 1440 H/2019 M. Total jamaah yang berangkat melalui Embarkasi Palembang tahun ini berjumlah 8.509 orang.

Dia menjelaskan, tahun ini Embarkasi Palembang rencananya memberangkatkan 8.545 jamaah dengan rincian 7.195 asal Sumsel, 1.255 dari Babel, dan 95 petugas kloter. Namun hingga berakhirnya masa pemberangkatan, hanya 8.509 jamaah yang bisa berangkat dengan rincian 7.166 dari Sumsel, 1.248 dari Babel, dan 95 petugas kloter.

“Itu artinya ada 36 jamaah yang batal berangkat melalui Embarkasi Palembang, yakni 29 jamaah asal Sumsel dan tujuh orang dari Babel. Alasan batalnya beragam, seperti wafat sebelum masuk asrama haji, sakit, muhrim yang sakit, hamil, dan menunda dengan alasan pribadi. Ada juga jamaah asal Babel yang mutasi ke embarkasi lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, proses pemberangkatan jamaah haji Embarkasi Palembang tahun ini berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Menurut dia, hal ini tidak terlepas dari koordinasi yang baik antar pihak terkait, mulai dari panitia embarkasi, pihak asrama haji, pihak keamanan, kesehatan, penerbangan, panitia daerah, hingga masyarakat, dan calon jamaah haji.

“Semoga mereka (jamaah haji) bisa menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan baik dan kembali ke Tanah Air dengan membawa predikat haji mabrur,” tutupnya