Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI,  dr. Hj. Eni Zatilah MKm.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, dr. Hj. Eni Zatilah MKm.

PALI, HS – Mulai banyaknya masyarakat usia muda saat ini yang menderita diabetes, membuat ekstra kewaspadaan patut dilakukan sejak dini. Karena, berawal dari diabetes berbagai penyakit komplikasi lainnya akan menghantui para penderitanya, sehingga sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, dr Hj Eni Zatilah,MKM mengatakan, bahwa diabetes saat ini merupakan penyakit yang cukup tren diderita masyarakat. Bahkan, penderita jantung, stroke, retinopati diabetikum yang menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, dan gangguan syaraf (neuropati) di kaki sehingga menimbulkan luka dampat diamputasi banyak disebabkan oleh diabetes.

“Biasanya keluhan penderita seperti banyak makan (rasa lapar tinggi) atau polifagi, rasa haus tinggi (polidipsi) dan banyak kencing (poliuri)‎ itu merupakan tanda-tanda diabetes. Dan apabila tidak segera ditangani maka akan membuat komplikasi berbagai penyakit lainya,” ujar mantan Direktur RSUD Talang Ubi ini, Senin (14/11).

Untuk itu penanganan yang paling utama untuk dilakukan, ialah memperbaiki pola makan. Karena, kebanyakan penderitanya disebabkan perilaku hidup yang tidak sehat seperti, diet yang tidak seimbang (tinggi karbohidrat dan lemak) rendah serat, dan kurang dilakukanya aktivitas fisik.

“Selain dengan penanganan medis, paling penting adalah pengaturan diet dengan mengurangi konsumsi gula murni dan karbohidrat. Kurangi makan nasi, dan gunakan alternatif karbohidrat kompleks seperti singkong, umbi keladi, dan kentang. Perbanyak sayur dan buah sebagai sumber serat dan multivitamin, serta aktifitas fisik yang teratur. Karena, berat badan berlebih itu merupakan salah satu faktor resiko penderita diabetes,” jelasnya. (MAN)