PALEMBANG,HS – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah menyerahkan rekomendasi hasil seleksi yang disampaikan Pemerintah Kota Palembang beberapa hari lalu terkait seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang.
Dimana, nama Drs Ratu Dewa keluar menjadi peserta dengan nilai terbaik, berdasarkan hasil seleksi yang dilaksanakan panitia seleksi yang diketuai Sekda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar.
Hal itupun dibenarkan Walikota Palembang, H. Harnojoyo, saat dihubungi via telpon, Kamis (28/3/19).
“Setelah ketua pansel menyerahkan tiga nama berdasarkan hasil seleksi pansel, kita langsung menyerahkannya ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi, dan terpilih satu nama dengan nilai terbaik untuk kemudian diserahkan ke Gubernur,” sampainya.
Ia menyampaikan, hasil rekomendasi yang disampaikan KASN tersebut, merupakan hasil berdasarkan rangking tiga nama peserta seleksi. Artinya, Pemerintah Kota (Pemkot) tinggal menunggu surat rekomendasi yang akan ditandatangani oleh Gubernur Sumsel termasuk rencana jadwal pelantikan.
“Jika memang tidak ada halangan, pekan depan Sekda Kota Palembang hasil seleksi akan dilantik. Kita tunggu saja rekomendasi dari Gubernur,” tuturnya.
Hal yang sama juga dibenarkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa yang juga menjadi salah satu pansel dalam proses seleksi Sekda Kota Palembang.
Dimana, berdasarkan hasil rekomendasi Gubernur, dari tiga nama yang sebelumnya diserahkan ke KASN, orang nomor satu Gubernur tersebut telah mengeluarlan rekomendasi atas nama Ratu Dewa.
“Dari tiga nama yang kami serahkan, Gubernur mengeluarkan rekomendasi atas nama Ratu Dewa,” terangnya.
Dengan telah keluarnya rekomendasi tersebut, maka pekan depan tepatnya tanggal 1 April 2019, akan dilantik Sekda baru menggantikan dirinya yang memasuki masa Purna Bakti.
“Saya sudah meminta BK-PSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) untuk mempersiapkan pelantikan yang rencananya akan dilaksanakan Senin pekan depan,” tururnya.
Sebelumnya, melalui surat keputusan panitia seleksi melalui surat dengan nomor 800/ 17 /PanseI-JPTP/2019, yang ditandatangani Nasrun Umar pada tanggal 23 Maret 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menyerahkan tiga nama calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
Adapun ketiga nama itu adalah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Palembang, Ir. Dewi Isnaini, MSi, kedua Drs H Muhammad Yanuarpan Yany MM yang menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang dan ketiga ada nama Drs Ratu Dewa, MSi yang menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang.