PALEMBANG,HS – Rencananya Presiden Joko Widodo, akan meresmikan jembatan Musi IV yang panjangnya sekitar 1.300 meter dan lebar 12 meter pada pertengahan November 2018 nanti.
Hal ini dikatakan langsung, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kiagus Syaiful Anwar Disela Ceremonial Mid Closure Proyek Jembatan Musi IV Palembang, Jumat Malam (18/10/201)
Menurutnya, jembatan ini dimulai pengerjaannya pada 2016 lalu dimana panjangnya 1.300 meter dan lebar 12 meter.
“Kontrak jembatan ini 4 tahun dengan nilai anggaran Rp553 miliar. Pada 2015 kita melakukan pembebasan lahan, lelang dan kontrak. Pada 2016 kita melakukan mobilisasi material dan pengerjaan lahan, dilanjutkan 2017 dengan pengerjaan struktur bangunan dan 2018 dilakukan pengerjaan bentang atas,” ujarnya
Ia juga mengatakan, saat ini sedang direncanakan peresmian jembatan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada November itu dan selanjutnya bisa digunakan sebagai akses perlintasan kendaraan.
Jembatan Musi IV ini sendiri menghubungkan bagian ulu dan ilir Kota Palembang. Diakui Syaiful, tidak lagi ditemukan kendala dalam pembangunan jembatan ini. Seperti diketahui, jembatan ini sempat terkendala pembebasan lahan dan sempitnya akses jalan menuju jembatan tersebut.
“Sekarang kita melakukan pengecoran akhir di lantai jembatan. Selanjutnya dilakukan finishing, dilanjutkan analisis traffik atau rekayasa lalu lintas. Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik Walikota Palembang dan Gubernur Sumsel, agar akses jalan menuju jembatan itu yang semula merupakan jalan milik pemerintah kota, menjadi jalan milik nasional sehingga pengelolaannya menjadi tanggung jawab Kementerian PU Pera,” tutupnya