Wakil Bupati Muaraenim, H Nurul Aman SH

MUARAENIM, HS – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta berdemokrasi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muaraenim menggelar penyuluhan organisasi masyarakat dan Lembaga sosial masyarakat (LSM) di Ballroom Hotel Griya Serasan, Kota Muaraenim, Kamis (30/3).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 ormas dan LSM di wilayah Kabupaten Muaraenim yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Muaraenim, H Nurul Aman.

“Kegiatan penyuluhan ormas dan LSM merupakan program tahunan yang bertujuan meningkatkan partisipasi demi terciptanya sasaran-sasaran pembangunan nasional maupun daerah khususnya di wilayah Kabupaten Muaraenim,” kata Nurul dalam sambutannya.

Nurul menegaskan, Ormas dan LSM memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka ormas harus dijadikan organisasi kemasyarakatan, dalam memperkuat tatanan masyarakat sebagai warga negara. Meski begitu, Nurul mengaku masih terdapat beberapa masalah penyalahgunaan dan penyimpangan ormas dan LSM.

“Masalah penyalagunaan ormas sering ditemui yakni dijadikannya sarana pencucian uang dan tindak kriminal seperti korupsi, penipuan dan penggelapan,” ungkapnya.

Selain itu, Nurul melanjutkan, lemahnya manajamen ormas menjadi bumerang yang banyak disalahgunakan untuk pendanaan kegiatan separatis yang mengancam disintegrasi bangsa.

Sementara, ormas asing melakukan kegiatan penggalangan dana publik (fundraising) di dalam negeri, kegiatan intelijen untuk kepentingan asing.

“Tantangan menjaga kelangsungan hidup orgmas dalam negeri juga terlalu bergantung dari honor luar negeri, selain itu ada juga ormas yang memiliki ideologi bertentangan Pancasila serta ormas menjurus kearah liberisasi sistem sosial kemasyarakatan Indonesia,” jelasnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Muaraenim, Andi Wijaya menambahkan tujuan digelarnya penyuluhan untuk mendorong ormas dan LSM tumbuh sehat dan mandiri dalam melaksanakan fungsinya dengan baik.

“Pemerintah ingin menciptakan ormas sebafai wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan sesuai bidang kegiatan, profesi dan fungsi,” ucapnya.

Lebih lanjut, keberadaan ormas dan LSM juga terus diminta mendukung Pemerintah Kabupaten Muaraenim mewujudkan visi Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera (SMAS).

“Semoga kegiatan tahunan mendukung perbaikan ormas dan LSM yang berkualitas dan bermanfaat bagi lapisan masyarakat,”pungkasnya.(EDW)