PALEMBANG,HS – Perbaikan jembatan Endikat yang menghubungkan antara Kabupaten Lahat dan Pagaralam sudah mencapai progres 49 persen. Saat ini, pengerjaaan sudah memasuki tahap pembongkaran lantai jembatan.
Kepala satuan kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) wilayah 2 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balai Besar Perbaikan Jalan Nasional Wilayah 5, melalui asisten pelaksanaan dan pengawasan satker PJN wilayah 2 Sumsel Andi Pratama mengatakan perbaikan jembatan Endikat sudah dimulai pada 1 Juli lalu dan saat ini sudah memasuki pengerjaan pembongkaran lantai jembatan yang akan memakan waktu Satu bulan.
“Saat ini sudah tahap pembongkaran lantai jembatan dan maksimal akan memakan waktu Satu bulan. Dalam perbaikan ini yang paling lama itu membongkar lantai jalannya,” kata Andi saat diwawancarai diruang kerjanya, Senin (23/7/2018).
Dalam perbaikan jembatan Endikat, lanjut Andi, pihaknya juga akan menambah External Stressing (Penguatan) pada sisi jembatan Endikat.
“Sebelumnya jembatan Endikat itu tidak memakai external Stressing itu tujuannya penguatan dalam sisi jembatan,” ungkapnya
Ia menjelakan, perbaikan jembatan Endikat secara keseluruhan menelan dana 5,5 Milyar.
“Secara keseluruhan perbaikan dari awal sampai akhir kurang lebih dananya 5,5 Milyar,” pungkasnya
Ia Menambahkan, pihaknya menargetkan perbaikan jembatan Endikat akan selesai pada Oktober 2018. “Insya Allah awal Oktober sudah selesai sesuai target kami,” harapnya.
Sebelumnya, jembatan Endikat ditutup total dan bagi masyarakat yang akan melintas pun dialihkan ke jembatan Embacang.