PALEMBANG,HS – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatra Selatan mulai kembali melakukan pembangunan jembatan Musi VI yang sempat dihentikan pada awal tahun 2019 lalu. Ditargetkan, jembatan Musi VI ini bisa beroperasi pada Oktober 2020 mendatang.

Kepala Bidang Jalan Dinas PUBM-TR Muchtar mengatakan, progres pembangunan jembatan Musi VI sudah mencapai 80 persen. Saat ini, pengerjaan akan difokuskan pembebasan lahan dan memperlebar jalan pendekat.

“Sisa 20 persen yang masih kita kejar pengerjaannya ini pembebasan lahan, jalan pendekat, oprit jembatan di hulu dan hilir,” kata Muchtar, Senin (18/12019)

Menurutnya, Untuk melanjutkan kembali pembangunan jembatan Musi VI, lanjut Muchtar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel telah menyiapkan anggaran APBD Perubahan sebesar Rp9 Miliar.

“Sekarang ini sudah masuk proses pra kontra jalan di BBPJN V Palembang. Target kita pada triwulan III 2020 nanti itu jembatan musi VI itu bisa dioperasionalkan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya yakin jembatan Musi VI pada tahun depan bisa dioperasionalkan sehingga bisa memecah kemacetan di Kota Palembang.

“Ya paling tidak Oktober 2020 itu jembatan Musi VI bisa langsung beroperasi,” tutupnya.