PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru  memberikan dukungan penuh agenda kegiatan promosi wisata   balapan sepeda bertajuk Internasional Ranau Grand Fondo yang akan digelar Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dalam waktu dekat.
Dukungan tersebut diungkapkan Gubernur saat memimpin rapat terbatas (ratas) dengan agenda persiapan Internasional Ranau Grand Fondo bersama dengan perwakilan Kementerian Pariwisata RI, Bupati OKU Selatan dan OPD terkait,  bertempat di ruang pertemuan rumah dinas gubernur, Griya Agung Palembang, Senin (25/3) malam.
“Selama ini kita hannya fokus pada event Internasional seperti Sea Games dan Asian Games saja. Sehingga potensi alam kita  yang seharusnya dapat kita angkat menjadi destinasi wisata andalan akhirnya  banyak yang terabaikan,” ungkap Gubernur.
Dia menilai jika  potensi alam yang ada di Sumsel tersebut dikelola dengan  serius  yang diikuti dengan promosi yang baik sekaliber  nasional dan internasional,  melalui   agenda rutin tahunan bukan tidak mungkin, tingkat kunjungan wisatawan ke Sumsel akan  lebih banyak jika dibanding dengan tahun- tahun sebelumnya.
”Jika kepala daerahnya mau. Masyarakat   mendukung, tentu Saya sebagai gubernur akan mendorong  baik secara moril maupun materil,” tambahnya.
Gubernur berjanji dirinya akan terus  mendorong diadakannya kegiatan kepariwisataan di Sumatera Selatan. Seperti halnya  yang dalam waktu dekat akan digelar event Internasional Ranau Grand Fondo di Kabupaten OKU Selatan.
“Kegiatan tersebut sangat penting dalam mempromosikan wisata, budaya dan potensi daerah. Namun yang lebih penting imbasnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tambah gubernur.
Herman Deru berharap, Kabupaten OKU Selatan selaku tuan rumah Internasional Grand Fondo, dapat membuktikan diri dengan menjadi tuan rumah baik dalam ajang Internasional. Daerah ini juga diharapkannya dapat  sukses memberikan pengalaman serta kesan yang menyenangkan bagi para peserta dengan sajian keindahan alamnya.
“Saya yakin dengan kondisikearifan lokal yang ada, kondisi alam dan makanan khas  daerah yang terjaga. Kita harapkan  para peserta dapat menikmatinya. Masyarakat juga dilibatkan seperti membuka warung makan dan pojok cenderamata atau membuat penginapan dengan bangunan unik sehingga menarik para pendatang untuk mengingap,”  sarannya.
Sementara itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo dikesempatan ini mengucapkan terima kasih pada Gubernur Sumsel  yang  mendukung secara penuh kegiatan tingkat Internasional digelar di OKU Selatan. Ucapan yang sama juga disampaikannya untuk jajaran Kementerian Pariwsata RI.
“Tentu kegiatan ini nantinya akan memberikan dampak besar bukan hanya bagi Kabupaten OKU Selatan, namun  juga bagi Sumatera Selatan,” harap Popo Ali.