PALEMBANG,HS – Terkait padamnya listrik di hotel Wyndham saat debat publik kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang disiarkan langsung salah satu stasiun TV swasta nasional di Hotel Wyndham Komplek OPI Jakabaring Palembang pada Kamis (21/6/2018) malam membuat kekecewaan para penonton saat menyaksikan acara tersebut.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah S2JB, Rosmalina menjelaskan bahwa pihak penyelenggara menggunakan genset sendiri untuk lighting dan sound sistem di acara tersebut dan pemasangan kabel-kabel dari genset ke lokasi acara dikerjakan sendiri oleh pihak penyelenggara. Ditambahkan juga bahwa padam dikarenakan genset utama 200 kVA milik pihak penyelenggara mengalami panas dan saat perpindahan beban ke genset back up terjadi padam lagi beberapa menit.

Dikatakan Rosmalina saat terjadinya gangguan, secara sistem penyulang PLN yang mengsuplai kebutuhan listrik untuk Hotel Whyndam dalam kondisi aman dan tidak ada gangguan. Sebelum dan selama acara berlangsung petugas PLN sudah standby di lokasi untuk pengamanan suplai listrik, tambah Rosmalina.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer PLN Area Palembang Joni mengatakan bahwa untuk Hotel Whyndam suplai listriknya sudah sangat handal, karena hotel tersebut masuk sebagai Pelanggan Premium PLN sehingga listriknya disuplai melalui dua jalur yang berbeda. “Suplai listrik ke hotel Whyndam sangat handal, dan semalam juga kondisinya aman, bahkan jalur suplai nya dimaksimalkan hanya memasok hotel ini saja”, ujarnya saat diwawancarai pihak media pada Jumat (22/6/2018).

“Sedangkan untuk kegiatan debat kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota nanti malam, dari segi kehandalan PLN sudah memprioritaskan dari sumber yang berbeda seperti dari GI Seduduk Putih dan GI Sungai Juaro. Manuvernya pun secara otomatis sehingga diharapkan tidak ada kendala nantinya,”ungkapnya.

Sementara diungkapkan pula oleh Asisten Manager Hotel Wyndham Joni Hidayat, bahwa kejadian padamnya listrik tersebut bukan dikarenakan dari pihak Wyndham,tapi dikarenakan genset yang disewa langsung dari pihak penyelenggara. “Disini hanya menyediakan tempat ruangan dan segala aliran listrik dia bawa sendiri karena mereka menggunakan genset sendiri,”paparnya.

Terpisah, menurut Ketua KPU Sumsel Asphani mengatakan dirinya tidak terlalu mengetahui penyebabnya padamnya listrik tersebut, bahkan dirinya menganggap kejadian tersebut bagian yang tidak disengaja dan memang segala sesuatu ada solusi selagi itu masih dalam koridor yang cukup baik mereka mengatasinya.

Sedangkan alasanya pihak KPU memilih Hotel Whyndam sendiri berdasarkan dari hasil beberapa pertimbangan dan diskusi bersama tim seperti pihak kepolisian bahkan kepada masing-masing paslon itu sendiri, kalaupun ada hal-hal diluar kemampuan maka pihaknya harus menerima dan mudah-mudahan tidak terlalu mengganggu,”tandasnya. (Rill)