PALEMANG,HS – Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin melakukan kunjung ke Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung dalam rangka meresmikan pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia VII Tahun 2020 di Ballroom Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Rabu (26/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Wapres dan rombongan tiba di Bandar Udara Depati Amir, Bangka Belitung dan disambut langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman dan Kapolda Babel serta beberapa unsur Forkopimda Kep. Bangka Belitung, Rabu (26/2/2020) pukul. 14.00 WIB.

Tidak menunggu lama, rombongan Wapres pun langsung berangkat menuju Balitong Resort, Pantai Pasir Padi untuk mengikuti kegiatan Dialog Program Pencegahan Stunting. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peninjauan Bumdes dan UMKM.

Selanjutnya Wapres beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan beranjak ke Novotel Bangka Hotel Jalan Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka Tengah untuk menghadiri acara Kongres Umat Islam Indonesia VII Tahun 2020.

Wapres juga akan membuka secara resmi Kongres Umat Islam Indonesia VII Tahun 2020 sebagai agenda lima tahunan yang akan merumuskan arah baru perjuangan umat Islam Indonesia di berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, hukum, filantrofi, dan beberapa hal lainnya.

Acara kongres yang bertajuk “Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia dalam Mewujudkan NKRI yang Maju, Adil, dan Beradab” ini dihadiri sekitar 800 orang peserta kongres yang terdiri dari Dewan Pimpinan Pusat MUI dan Dewan Pertimbangan MUI, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia, Pondok Pesantren, dan lembaga filantropi.

Dalam kunjungan kerja ke Bangka Belitung, turut mendampingi Wapres di antaranya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Muhammad Oemar dan beberapa Staf Khusus Wapres serta Tim Ahli Wapres.

Sekitar 1.000 personil gabungan TNI-Polri Kepulauan Bangka Belitung disiapkan dalam rangka pelaksanaan pengamanan kunjungan kerja Wapres RI dan rombongan di Pangkal Pinang, Kepulauan Babel.(Rill/Ron)