PALEMBANG,HS – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II/Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menjadi salah satu dari 265 Perwira Tinggi TNI dari seluruh matra atau angkatan, baik darat, laut dan udara yang menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2020.

Rapim TNI Tahun 2020 tersebut dibuka langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bertempat di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/1/2020).

Dalam Rapim TNI kali ini, ada tiga hal utama yang menjadi penegasan Panglima TNI, diantaranya ; evaluasi program kerja 2019, sosialisasi rencana program kerja 2020 dan pembahasan isu-isu aktual serta kemungkinan tantangan yang harus dihadapi.

Selain itu, seluruh pejabat teras TNI yang hadir ikut memberikan informasi aktual seperti tantangan yang dihadapi Indonesia ke depan. Salah satu tantangan terkini yang mungkin dianggap menonjol adalah pelaksanaan Pilkada 2020 yang mulai digelar September dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

_Rapim TNI tahun ini juga membahas prosedur dan mekanisme kerja tiga Badan Pelaksana Pusat baru TNI. Ketiga Badan Pelaksana Pusat itu adalah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar) dan Komando Operasi Khusus (Koopssus).

Setelah kegiatan, Panglima TNI juga memberikan pokok-pokok kebijakan untuk dijadikan dasar dalam membuat program kerja tahun 2020.

Panglima TNI berharap Rapim TNI kali ini bisa berjalan dengan baik sebagai upaya pengoptimalan jalinan komunikasi dan meningkatian soliditas dan profesionalitas TNI.

“Saya minta manfaatkan forum ini untuk menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis guna menyampaikan gagasan cemerlang, menyamakan persepsi, dan memantapkan soliditas dan profesionalitas TNI sehingga kita dapat optimal mencapai tugas pokok TNI,” pungkasnya.

Sebelumnya, TNI bersama dengan Polri menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2020, di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). Dalam Rapim, TNI dan Polri sekaligus menyatukan kesamaan rencana tindakan kontigensi kejadian tahun 2020.(Rill/Ron)