PALEMBANG,HS – Sebagai bentuk perhatian dan apresiasi kepada para Prajurit dan PNS khususnya di lingkungan Kodam II/Swj yang berprestasi dan memiliki kinerja yang baik selama berdinas, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., kembali memberikan penghargaan kepada 55 Prajurit dan PNS untuk diberangkatkan Umroh ke Tanah Suci.

Acara pemberangkatan ke 55 calon Jama’ah Umroh Penghargaan dari Pangdam II/Sriwijaya tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum, Senin (27/1/2020), usai Sholat Dzuhur berjama’ah bertempat di Masjid Raudhatul ‘Ulum Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Turut hadir dalam acara pemberangkatan calon jama’ah Umroh tersebut antara lain, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han), Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj dan para Prajurit beserta PNS di lingkungan Makodam II/Swj.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj mengatakan bahwa, dari 55 jama’ah yang akan melaksanakan Umroh tersebut, terdiri dari 50 penghargaan dan 5 merupakan bonus. Para Prajurit dan PNS yang berasal dari satuan-satuan jajaran Kodam II/Swj ini akan berangkat bersama keluarganya.

“Para calon Jama’ah ini dipimpin oleh seorang pembimbing Mayor Inf Mu’alim dari Bintaldam II/Sriwijaya, dan direncanakan mereka akan berangkat dari Palembang pada hari Kamis, 30 Januari 2020 mendatang”, kata Pangdam.

Kepada para peserta calon jama’ah Umroh, Pangdam juga menitipkan agar mereka turut mendoakan satuan dan juga keluarga besar Kodam II/Swj, baik prajurit dan PNS nya agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas.

“Selama di tanah suci, perlu kesungguhan hati agar ibadah Umroh dapat dilaksanakan dengan baik dan senantiasa menjaga keikhlasan. Selama disana, perbanyak ibadah dan berdo’a apa saja, Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT”, kata Pangdam. Sekali lagi, selamat menunaikan Ibadah Umroh dan semoga menjadi Umroh yang Mabrur”, ucapnya.

Sementara itu, Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan menjelaskan bahwa, diberangkatkannya Umroh para personel Kodam II/Swj beserta keluarganya (Istri/Suami) ini merupakan bentuk penghargaan Pangdam II/Swj kepada Prajurit dan PNS Kodam II/Swj yang berprestasi sekaligus memiliki kinerja baik.

Sebelumnya, kata Kapendam, para calon jama’ah Umroh ini telah diberikan pembekalan oleh personel dari Bintaldam II/Swj lebih dahulu, dari mulai tahapan maupun proses perjalanan Umroh, syarat rukun Umroh, tata cara ziarah Umroh, Akhlaq Umroh dan praktek Manasik Umroh. “Hal tersebut dilakukan agar mereka juga mendapatkan pemahaman tentang Umroh secara sempurna, sehingga mampu melaksanakan ibadah Umroh sesuai tuntunan syariat Islam”, ujar Kapendam.

“Pemberangkatan calon jama’ah Umroh penghargaan kali ini merupakan untuk kedua kali yang dilakukan oleh Pangdam II/Swj, setelah sebelumnya pada bulan Juni 2019 lalu, Pangdam II/Swj juga telah memberangkatkan 28 Prajurit dan PNS beserta keluarga ke Tanah Suci”, kata Kolonel Djohan.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pemberian uang saku yang dilakukan secara simbolis dari Pangdam II/Swj kepada 55 calon jama’ah Umroh dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.(Rill/Ron)