Ketua PSSI periode 2016-2021, Letnan Jenderal Edy Rahmayadi.

Ketua PSSI periode 2016-2021, Letnan Jenderal Edy Rahmayadi.

JAKARTA, HS – Panglima Komando Strategis Angkatan Darat, Letnan Jenderal Edy Rahmayadi, akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI masa bakti 2016-2020.

Dalam pemungutan suara yang digelar di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, (10/11), Edy berhasil mengalahkan lima pesaingnya dengan jumlah suara yang sangat tinggi, Edy mendapatkan 76 suara.

Pesaing terdekatnya, Jenderal Moeldoko, hanya mendapatkan 23 suara. Eddy Rumpoko hanya satu suara saja.

Sementara untuk tiga calon Ketum PSSI lainnya yaitu Sarman, Bernhard Limbong, dan Kurniawan Dwi Yulianto gagal mendapatkan satu suara pun.

Sebelumnya, sekitar tiga calon ketum PSSI tidak bisa mengikuti proses tersebut karena berbagai alasan.

Seperti Erwin Aksa dan Toni Aprilani yang memilih mundur, sementar Djohar Arifin Husin ditolak mayoritas pemilik suara. Dengan itu, hanya tersisa enam calon Ketua Umum PSSI saja dinyatakan lolos verifikasi.

Sebagai Ketua PSSI yang baru Edy Rahmayadi, meminta tim nasional Indonesia menargetkan kemenangan di Piala AFF 2016 yang digelar mulai 19 November mendatang.

“Untuk waktu yang paling dekat, yang akan kami hadapi adalah Piala AFF dan harus siap. Dengan kondisi stagnan, kami diminta untuk siap dalam waktu singkat,” kata Edy setelah Kongres, Kamis (10/11).

Indonesia bergabung di Grup A Piala AFF dan akan berhadapan dengan Thailand, tuan rumah Filipina, serta Singapura. Laga pertama skuat Merah Putih adalah melawan Thailand pada 19 November mendatang. Dalam 10 edisi, Indonesia belum pernah menjadi juara.

Setelah Piala AFF, Timnas Indonesia akan dihadapkan dengan SEA Games 2017 Malaysia, Asian Games 2018 serta Pra Olimpiade 2020 Tokyo. (AND)